Aplikasi Jual Beli dan Info Lomba Burung Surakarta


https://doi.org/10.36309/goi.v24i1.85
Kristono Kristono(1*) Mail, Hartati Dyah Wahyuningsih(2) , Ronny Chandra(3)

Affiliation


(1) STMIK AUB Surakarta
(2) STMIK AUB Surakarta
(3) STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Smartphone merupakan salah satu wujud dari perkembangan teknologi yang dapat mempersempit ruang maupun waktu. Fungsi smartphone sekarang tidak hanya menjadi alat komunikasi saja akan tetapi sudah menjadi sarana hiburan dan juga gaya hidup. Transaksi jual beli burung merupakan salah satu kegiatan yang menjanjikan, setiap tahunnya semakin meningkat dan diminati oleh masyarakat namun terjadi masalah yaitu banyaknya kesibukan yang dimiliki oleh setiap masyarakat. Membuat transaksi jual beli burung dan info lomba burung jadi terhambat. Agar dapat mempermudah masyarakat dalam berbisnis jual beli burung maka dibuat sebuah aplikasi jual beli burung surakarta.  Aplikasi jual beli dan info lomba burung surakarta ini bisa menjadi suatu sistem atau aplikasi yang sangat membantu para pecinta burung untuk mencari info jual beli dan lomba burung di wilayah Surakarta. Aplikasi jual beli dan info lomba burung surakarta dibangun menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus di Kota Surakarta. Teknik analisa kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES (Perfomance, Information, Economy, Cotrol, Efficiency, dan Service). Untuk teknik pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, sedangkan untuk menggambarkan alur data menggunakan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari use case diagram, Activity diagram, Sequence diagram, Class diagram. Software yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Android Studio dan XAMPP sebagai koneksi database MySQL. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan blackbox testing, sistem yang dibangun dapat membantu para pecinta burung dalam mencari info jual beli dan lomba burung.


Keywords


Jual Beli; Lomba; Aplikasi jual beli dan info lomba burung surakarta; Android Studio; XAMPP

Full Text:

PDF  HAL 28-40

References


Abdullah, Dahlan 2016. Sistem Informasi Penjualan berbasis web menggunakan metode Unified Modeling Language (UML). Jurnal:Universitas Malikussaleh Aceh

Farizah, Nafhah. 2017. Makalah artikel menurut para ahli

(http://burungkenari.wordpress.com)

(http://adiputrasembilan.blogspot.com/p/pengertian-burung-peliharaan.html)

Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstukter, Teori dan Praktis Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Krisdian, Yohanes dan Nugroho, Ernes Cahyo. 2015. Aplikasi Lomba Burung Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Go Infotech, Vol 21 No 2 Desember 2015, hal 37-41

Prasetyawan, Wahyu. 2016. Perancangan Sistem Penjulan Berbasis Web pada CV. Kicau Burung Kabupaten Kudus. Jurnal:Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Randha. 2016. Pengertian pertandingan dan perlombaan.

Safaat, Nazruddin. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Sandi. 2012. Definisi Pengertian dan Fungsi XAMPP Lengkap. https://indoskripsi.com diakses pada 22 November 2017.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v24i1.85

Article Metrics

Abstract views: 535 | PDF views: 387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats