Aplikasi Media Pembelajaran Kognitif Untuk Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun pada Taman Kanak-Kanak Jati Kencana


https://doi.org/10.36309/goi.v25i1.98
Anton Respati Pamungkas(1*) Mail, Kristono Kristono(2) , Rizky Dwi(3)

Affiliation


(1) STMIK AUB Surakarta
(2) STMIK AUB Surakarta
(3) STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Taman Kanak-Kanak Jati Kencana merupakan Taman Kanak-Kanak yang terdiri dari dua kelas setiap kelas yaitu kelas nol kecil dan kelas nol besar. Anak usia kanak-kanak pada dasarnya memiliki perkembangan kognitif yang sangat baik. Untuk membantu anak didik pada Taman Kanak-Kanak Jati Kencana perlu dibuatkan sebuah aplikasi media pembelajaran kognitif untuk anak usia 5 sampai 6 tahun dengan tema lingkunganku, kebutuhanku, pekerjaan dan air, udara dan api. Pada aplikasi tersebut akan dibuatkan contoh soal-soal yang dikemas dalam bentuk game yang menarik. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem yaitu waterfall. Untuk metode kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES, menggambarkan alur menggunakan Unified Modeling Languange, firebase Android Studio dan pengolahamn database menggunakan MySQL. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakkan blackbox testing, aplikasi yang dibangun dapat membantu masalah yang dihadapi pada Taman Kanak-Kanak Jati Kencana.


Keywords


Taman Kanak-Kanak Jati Kencana; Aplikasi Media Pembelajaran; Android

Full Text:

PDF  HAL. 1-10

References


Undang Undang Dasar Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hanifah Nanang & Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Rafika Aditama.

Andiansyah, Deni. 2015. Aplikasi Pendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun Berbasis Android (Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk). Skripsi

Haryo, Y Sulistyanto Sunarto. 2015. Aplikasi Media pembelajaran Tematik Untuk Anak TK Berbasis Android. Skripsi

Mukhasanah, Fitria. 2015. Aplikasi pengenalan Matematika Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Skripsi

Wikipedia. 2017. Aplikasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi diakses pada 26 Mei 2018.

Asyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Pembelajaran. Jakrata: GP Press.

Safaat, Nazruddin. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung.

Jeffrey L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. 2001. System Analysis and Design Methods 5thEd. McGraw-Hill.

Sekaran, Uma. 2011. Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Selemba Empat.

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta : Grafindo

Usman, Husnaini dan Akbar, Purnomo Setyadi. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. ANDI, Jakarta.

Suyanto, M. 2004. Analisa Dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Shalahuddin, M dan Rosa. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Tersruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Andi, Kristanto. 2003. Perancangan Sistem Informasi. Gava Media, Yogyakarta.

DeCoster. 2012. Pengertian Java Development Kit. http://library.binus.ac.id diaskes pada 28 Mei 2018.

Sandi, Mulyana. 2014. Bikin Website dengan Aplikasi-aplikasi Gratis, Cepat, Mudah dan Murah. Yogyakarta : Mediakom.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v25i1.98

Article Metrics

Abstract views: 655 | PDF views: 383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats