Aplikasi Media Pembelajaran Kognitif Untuk Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun pada Taman Kanak-Kanak Jati Kencana
https://doi.org/10.36309/goi.v25i1.98
Anton Respati Pamungkas(1*) , Kristono Kristono(2) , Rizky Dwi(3)
Affiliation
(1) STMIK AUB Surakarta
(2) STMIK AUB Surakarta
(3) STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
How to Cite
Cite this ItemAbstract
Taman Kanak-Kanak Jati Kencana merupakan Taman Kanak-Kanak yang terdiri dari dua kelas setiap kelas yaitu kelas nol kecil dan kelas nol besar. Anak usia kanak-kanak pada dasarnya memiliki perkembangan kognitif yang sangat baik. Untuk membantu anak didik pada Taman Kanak-Kanak Jati Kencana perlu dibuatkan sebuah aplikasi media pembelajaran kognitif untuk anak usia 5 sampai 6 tahun dengan tema lingkunganku, kebutuhanku, pekerjaan dan air, udara dan api. Pada aplikasi tersebut akan dibuatkan contoh soal-soal yang dikemas dalam bentuk game yang menarik. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem yaitu waterfall. Untuk metode kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES, menggambarkan alur menggunakan Unified Modeling Languange, firebase Android Studio dan pengolahamn database menggunakan MySQL. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakkan blackbox testing, aplikasi yang dibangun dapat membantu masalah yang dihadapi pada Taman Kanak-Kanak Jati Kencana.
Keywords
Full Text:
PDF HAL. 1-10References
Undang Undang Dasar Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hanifah Nanang & Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Rafika Aditama.
Andiansyah, Deni. 2015. Aplikasi Pendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun Berbasis Android (Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk). Skripsi
Haryo, Y Sulistyanto Sunarto. 2015. Aplikasi Media pembelajaran Tematik Untuk Anak TK Berbasis Android. Skripsi
Mukhasanah, Fitria. 2015. Aplikasi pengenalan Matematika Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Skripsi
Wikipedia. 2017. Aplikasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi diakses pada 26 Mei 2018.
Asyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Pembelajaran. Jakrata: GP Press.
Safaat, Nazruddin. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung.
Jeffrey L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. 2001. System Analysis and Design Methods 5thEd. McGraw-Hill.
Sekaran, Uma. 2011. Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Selemba Empat.
Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta : Grafindo
Usman, Husnaini dan Akbar, Purnomo Setyadi. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Jogiyanto, H.M. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. ANDI, Jakarta.
Suyanto, M. 2004. Analisa Dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta : Andi.
Shalahuddin, M dan Rosa. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Tersruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.
Andi, Kristanto. 2003. Perancangan Sistem Informasi. Gava Media, Yogyakarta.
DeCoster. 2012. Pengertian Java Development Kit. http://library.binus.ac.id diaskes pada 28 Mei 2018.
Sandi, Mulyana. 2014. Bikin Website dengan Aplikasi-aplikasi Gratis, Cepat, Mudah dan Murah. Yogyakarta : Mediakom.
DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v25i1.98
Article Metrics
Abstract views: 740 | PDF views: 427Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number: View Go Infotech stats