Rancang Bangun Location Based Service Kuliner Surakarta Berbasis Android


https://doi.org/10.36309/goi.v30i2.310
Paryanta Paryanta(1*) Mail, Andika Adi Saputro(2)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Komputer, Universitas Dharma AUB, Surakarta
(2) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB, Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Surakarta merupakan kota dengan jajanan kuliner yang banyak dicari oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota. Salah satu informasi penting untuk sektor usaha kuliner adalah ketersediaan peta kuliner yang mudah diaplikasikan kapan saja dan di mana saja. Untuk memudahkan masyarakat, khususnya para penikmat kuliner, dibutuhkan aplikasi peta yang dikemas dalam bentuk multimedia dan dapat diaplikasikan di handphone sehingga lebih dalam pemakaian aplikasi itu. Dengan bahasa pemrograman Java dan perancangan perangkat lunak menggunakan teknologi Location Based Service - yang merupakan bagian dari teknologi komunikasi berbasis posisi lokasi geografis - yang akan diimplementasikan pada perangkat mobile berteknologi Global Positioning System, aplikasi yang dibuat pada penelitian ini berupa aplikasi peta wisata kuliner kota Surakarta guna memudahkan para penikmat kuliner dalam mendapatkan informasi lokasi kuliner yang ada di kota Surakarta. Langkah-langkah menyelesaikan aplikasi dan penelitian ini adalah dengan merancang dan membuat aplikasi, melakukan pengujian, perbaikan, dan yang terakhir adalah proses finishing aplikasi. Aplikasi Kuliner Surakarta berbasis Android ini dapat dijadikan pedoman bagi para pengguna atau penikmat kuliner yang ada atau yang sedang berada di kota Surakarta.

Keywords


Android; Global Positioning System; Kuliner; Location Based Service; Surakarta

Full Text:

PDF  HAL. 229-245

References


A. Fathoni, “Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi”, Jakarta: PT Rineka Cipta, p.105, 2006.

Jay A. Kreibich, “Using SQLLite”, Cambridge: O'Reilly Media, Inc., 2010.

John W. Satzinger, Robert B. Jackson, and Stephen D. Burd, “Systems Analysis And Design”. Boston: Course Technology, 2010.

R.S.Pressman, “Software Engineering: A Practitioner’s Approach”, New York:McGraw-Hill, p.68, 2010.

Sholiq, “Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML”, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Soetam Rizky Wicaksono, “Blackbox Testing: Teori dan Studi Kasus”, Malang: CV. Seribu Bintang, pp.37-48, 2021.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, p.145, 2012.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v30i2.310

Article Metrics

Abstract views: 20 | PDF views: 13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats