Aplikasi Jasa Pengiriman Barang Pada Index Transportama Berbasis Android


https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.167
Kristono Kristono(1*) Mail, Paryanta Paryanta(2) , Tito Radya Yudistira(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi informasi telah melahirkan smartphone yang memiliki kemampuan seperti computer. Smartphone dapat dimanfaatkan untuk membantu pelanggan dan perusahaan agar lebih praktis dan efisien. Jasa pengiriman barang saat ini pelanggan masih menanyakan atau datang ke kantor untuk mengetahui proses barang yang dikirim. Dalam rangka meningkatkan jasa pengiriman barang pada pelanggan, kantor jasa pengiriman barang akan menyediakan aplikasi agar pelanggan bisa mengakses dan kapan saja dimana saja sehingga tidak harus ke kantor atau menelpon untuk menanyakan barang nya sudah di proses atau selesai. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode waterfall yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa flowchart, Unified Modelling Language (UML), Class Diagram, Activity Diagram dan Sequence diagram serta dalam perancangan basis data menggunakan PhpMyadmin. Untuk mengimplementasikan sistem informasi Jasa Pengiriman, dibutuhkan komponen pendukung agar dapat bekerja dengan baik. Komponen tersebut diantaranya menggunakan bahasa pemrograman PHP, untuk penyimpanan data menggunakan database MySQL. Perancangan sistem ini diharapakan bisa membantu dan mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat bermanfaat bagi pelanggan dan pihak-pihak yang berkepentingan. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan dapat memudahkan kantor Index Transportama untuk melakukan pelayanan informasi kepada pelanggan secara online sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja serta mempermudah pengolahan data dan laporan pengiriman.

Keywords


Pengiriman; Sistem; Driver; Pelanggan

Full Text:

PDF  HAL. 64-72

References


Agustini, W. J. (2019). Sistem E-learning Do'a Dan Iqro' Dalam Peningkatan Proses Pembelajaran Pada TK AMAL IKHLAS. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (jMApTeKsi), 155.

Bella Chintya Neyfa, D. T. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Designt (OOAD). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 85.

Edwin Ismail, A. S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Berbasis Website Pada PT PERJASA TRANSLOGISTIC PONTIANAK. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 213-218.

Gunawan, S. M. (2021). Dasar-dasar Pemrograman Android. medan: Yayasan Kita Menulis

HeriAbijono, N. W. (2019). Sistem Informasi EkspedisiPengiriman Paket Dan Dokumen Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql Pada PT. KERTA GAYA PUSAKA. Cahaya tech, 86-101.

Indra Setiawan, s. R. (2020). Aplikasi Sistem Informasi Adminitrasi Pada UD. TERANG JAYA ABADI. Jurnal Infra, 2.

Irfan Agus M, F. M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Dan Penilaian Karyawan Warehouse Dengan AplikasI Web. Journal of Information Technology and Computer Science (Jointecs), 2.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.167

Article Metrics

Abstract views: 217 | PDF views: 182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats