Pengembangan Digital Signage sebagai Papan Informasi Digital Studi Kasus: STMIK AUB Surakarta


https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.142
Ernes Cahyo Nugroho(1*) Mail, Erni Widarti(2) , Neira Anjar Pujisusilo(3) , Bayu Adi Catur(4)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(4) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


STMIK AUB Surakarta telah memanfaatkan media website sebagai sarana penyampaian informasi. Namun dalam lingkungan internal masih menggunakan cara konvensional dengan menempel lembar pengumuman pada papan informasi yang tersedia, masih banyak informasi atau pengumuman yang harus disampaikan dengan cepat, informatif dan up to date, seperti informasi proses belajar mengajar, agenda atau kegiatan di jurusan, maupun informasi lainnya yang berhubungan dengan layanan konvensional dan statis melalui papan pengumuman. Informasi yang diberikan menggunakan lembaran yang ditempelkan di papan informasi yang tersedia. Dengan cara ini tentu akan memboroskan kertas dan biaya, karena hanya digunakan sekali saja, setelah pengumuman itu kadaluarsa, lembaran informasi tersebut tidak berguna lagi dan dapat memberikan kesan kotor pada papan bekas tempelan selembaran kertas pengumuman tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menyampaikan segala informasi tentang STMIK AUB Surakarta secara menarik, informatif, dinamis, dan real time. Peneliti memberikan solusi dengan menggunakan Digital Signage sebagai papan informasi digital yang dapat menyajikan informasi secara up to date, informatif, dinamis, dan menarik. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat Digital Signage dengan menggunakan Android TV Box sebagai media pemutar konten yang berupa gambar, video, dan text, serta LCD TV sebagai tampilan layarnya. Untuk TV yang sudah Smart TV tidak memerlukan perangkat Android TV Box. Kesimpulan penelitian ini adalah Digital Signage dapat digunakan untuk menyampaikan informasi pada STMIK AUB Surakarta. Digital Signage dapat menyampaikan informasi secara up to date, informatif, dinamis, dan menarik. Digital Signage dapat menyampaikan informasi secara real time tanpa perlu menunggu dalam jangka waktu yang lama.

Keywords


Digital Signage, Content Management System (CMS), Informasi, STMIK AUB

Full Text:

PDF  HAL. 33-42

References


Suranata, Wardana. 2014. Digital Signage sebagai Media Penyampaian Informasi Kegiatan Akademik Berbasis Mikrokomputer. Bali : Creative Information Technology Journal.

Mulyana, Aria, 2016, Perancangan Digital Signage Sebagai Papan Informasi Digital , Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia.

Nugroho. 2004. PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX. CV Andi Offset. Yogyakarta

Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. CV Andi Offset. Yogyakarta

Wahana. 2010. Panduan Belajar MySQL Database Server. Jakarta: Mediakita.

Mukhamad, Masrur 2016. (Pemrograman Web Dinamis menggunakan Java Server Pages dengan Database Relasional MYSQL). CV Andi Offset. Yogyakarta

Riyanto. 2014. Kupas Tuntas WEB Responsif. Jakarta: PT. Alex Komputindo.

Rizal Panuntun, Adian Fatchur Rochim, Kurniawan Teguh Martono, 2012, Perancangan Papan Informasi Digital Berbasis Web pada Raspberry pi, Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Yuhefizar, Mooduto dkk . 2009. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla (CMS). Jakarta: PT Elex Media Komputindo




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.142

Article Metrics

Abstract views: 353 | PDF views: 476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats