Sistem Informasi Presensi Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer “Adi Unggul Bhirawa” (STMIK AUB) Surakarta


https://doi.org/10.36309/goi.v24i1.86
Dessyana Kardha(1*) Mail, Budhi Sumboro(2) , Apriliana Ery Setyawan(3)

Affiliation


(1) STMIK AUB Surakarta
(2) STMIK AUB Surakarta
(3) STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Proses presensi mahasiswa di STMIK AUB Surakarta masih menggunakan metode tanda tangan pada buku presensi yang dibagikan dosen pada setiap perkuliahan dan mahasiswa harus menyerahkan kartu rencana studi (KRS) kepada dosen. Namun mahasiswa sering lupa membawa KRS dalam perkuliahan dan lupa membubuhkan tanda tangan dibuku presensi. Tujuan penelitian ini adalah membangun Aplikasi Sistem Informasi Presensi Mahasiswa studi kasus STMIK AUB Surakarta. Dalam membangun sistem tersebut metode pendekatan yang digunakan adalah metode perancangan dengan menggunakan metode waterfall. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, metode observasi dan metode pustaka. Sebagai alat bantu analisis dan perancangan yang digunakan adalah flowchart, UML (Unified Moddeling Languange), dan Entity Relationship Diagram. Sedangkan bahasa pemograman pendukung yang digunakan adalah Apache Cordova, PHP, Java, dan MySQL sebagai database. Hasil dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi sistem informasi prsensi mahasiswa berbasis Android yang dapat mempermudah mahasiswa STMIK AUB Surakarta untuk melakukan presensi tanpa harus tanda tangan di buku presensi .

Keywords


Android; presensi; handphone; PHP

Full Text:

PDF  HAL 40-53

References


Gata, Windu. 2013. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. IV, No 2 Desember 2016.

Haryanto Tony, Membuat Aplikasi Android Berbasis HTML5 dengan Cordova. Diperoleh pada 3 April 2018. https://www.codepolitan.com/membuat-aplikasi-android-berbasis-html5-cordova.

Irawan, Agus, Noor Tajudin. 2014. Sistem Informasi Absensi Berbasis Web. Jurnal ITEKNA, Tahun XIV, No.2, Banjarmasin.

Jogiyanto, H. 2005. Anaisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset

K.A.Ngatung, B.A.Sugiarso. 2014. Desain dan Implementasi Sistem Absensi Fingerprint di Jaringan Kampus dan Terintegrasi Dengan Sistem Informasi Terpadu UNSRAT. E-jurnal Teknik Elektro dan Komputer, ISSN:2301-8402. Manado.

Muhamad, Abdulloh dkk,. 2013. Pembuatan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Sms Gateway. IJSN Indonesian Journal on Networking and Security. Pacitan

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta

Purnama, Indra. 2009. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Presensi Guru Dan Karyawan Smp Gunungjati 2 Purwokerto Berbasis Barcode. Purwokerto.

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta : Grafindo

Rosa. 2013. Pengembangan Dan Analisis Kualitas Berdasarkan Iso 9126 Aplikasi Pendeteksi gaya Belajar Model Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Berbasis Web. Yogjakarta.

Safaat, Nazruddin. 2012. Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung.

Soon. 2008. Aplikasi Teknologi Qr ( Quick Response ) Code Implementasi Yang Universal. KOMPUTAKI Vol.3, No.1 Februari 2017.

Supriyatna, Adi. 2015. Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna sistem Informasi Perpustakaan dengan menggunakan PIECES Framework. Jurnal Pilar Mandiri, Vol. XI, No. 1, AMIK BSI, Karawang.

Usman, Husnaini dan Akbar, Purnomo Setyadi. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v24i1.86

Article Metrics

Abstract views: 363 | PDF views: 347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats