(1) Program Studi Manajemen Informatika” Stmik Bina Patria, Magelang (2) Program Studi Teknik Informatika” Stmik Bina Patria, Magelang (3) Program Studi Teknik Informatika” Stmik Bina Patria, Magelang (4) Progrm Studi Informatika, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
SMK Ma'arif Kota Magelang, yang didirikan pada 30 Mei 1988, berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sejak pendiriannya, sekolah ini menerapkan rutinitas berdoa sebelum pembelajaran. Latar belakang dibuatnya Aplikasi Buku Saku Doa Pedoman Pembelajaran SMK Ma’arif Kota Magelang Berbasis Android adalah untuk memudahkan siswa dalam berdoa, memberikan solusi atas keterbatasan buku fisik yang kurang praktis dan sering mengalami kerusakan atau kehilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat aplikasi buku saku doa berbasis Android yang dapat membaca dan mendengarkan doa dan memungkinkan pengguna mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan aplikasi tersebut serta memahami perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah aplikasi diimplementasikan. Penelitian ini menggunakan metodologi Waterfall, dengan tahap penelitian seperti Komunikasi, Perencanaan, Modeling, Konstruksi, dan Pelaksanaan. Untuk perancangan, penelitian ini menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language), yang mencakup diagram tugas, urutan, dan diagram aktivitas. Berdasarkan kuesioner yang telah disebarluaskan untuk menilai tingkat kepuasan penggunaan, diperoleh total skor sebesar 3223 dari skor maksimal 3600. Penilaian ini menggunakan metode skala Likert, menunjukkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi ini mencapai 89,53% dengan predikat “Baik”.
Keywords
Buku Saku Doa, Android, SMK Ma’arif Kota Magelang, Waterfall
Saputro, R. A., Idris, M., & Suryani, I. (2021). Tipologi Peninggalan Sejarah Masa Klasik Hindu-Buddha Sampai Masa Kemerdekaan di Palembang Barat. Palembang: Penerbit Lakeisha.
Hamedan, H. (2021). Doa Harian Pengetuk Pintu Langit. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wahyudi, T., & Findawati, Y. (n.d.). Aplikasi Pembelajaran Kemuhammadiyahan Kelas 1 Sekolah Dasar Berbasis Android.
Listiana, N., Anjara, F., & Wijaya, H. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Doa-Doa Islam Dengan Antarmuka Yang Interaktif Untuk Anak Sekolah. Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 80-88.
Putra, M. G., Natasia, S. R., Wiranti, Y. T., Octantia, H., & Sadriansyah. (2020). Media Pembelajaran Dengan Metode Gamification Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Di Masa Covid-19. Malang: Media Nusa Creative.