Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Program Latihan Fitness Menggunakan Metode Weighted Product


https://doi.org/10.36309/goi.v28i2.182
Budhi Sumboro(1*) Mail, Dhantel Resa Praweda(2) , Wahyu Adi Mahendra(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Komputer, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Agna Physque Gym adalah tempat Fitness yang beralamatkan di Kecamatan Gemolong. Agna Physque Gym menyediakan pelayanan dan fasilitas yang memadai serta upaya menumbuhkan minat masyarakat dalam berolahraga. Program latihan untuk pemula tentu memerlukan bimbingan dari  personal trainer dalam  menyusun program latihan yang sesuai dengan target yang diinginkan. Para Pemula dan Member Fitness memiliki kendala dalam menentukan program latihan. Hal ini merupakan suatu kesulitan dalam menentukan program latihan yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan Program latihan Fitness dengan menggunakan metode Weighted Product. Metode Weighted Product menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Proses ini sama halnya dengan proses normalisasi. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman java dan database menggunakan MySQL. Sistem ini dapat menghasilkan perankingan alternatif program latihan Fitness sesuai dengan berat badan user. Berdasarkan pengujian sistem yang dilakukan, sistem mampu memberikan hasil yang sesuai dengan perhitungan yang digunakan, sehingga dengan adanya sistem ini dapat membantu dalam menentukan rekomendasi latihan Fitness.

Keywords


sistem pendukung keputusan; fitness; weighted product

Full Text:

PDF  HAL. 184-194

References


Bisma, R. M., Prabowo, W. A., Saintika, Y., & Kartiko, C. (2018). Implementasi Metode Weighted Product (WP) dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jenis Makanan Berdasarkan Jenis Olahraga. Centive, 44–49. http://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/8

Putra, N. T. A. (2021). Decision Support System for Determining The Type of Workout Using the Fuzzy Analythical Hierarchy Process ( F-AHP ) Method In STIKI GYM. 18(1), 73–87. https://doi.org/10.31515/telematika.v18i1.4369

Qomary, L. N. (2018). Rancang bangun sistem pendukung keputusan pemilihan program latihan fitnes metode case based reasoning.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Hal.130. 36. 36–42.

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206.

Kresnayadi, S. &. (2018). Pengembangan Program Latihan. 12–61.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i2.182

Article Metrics

Abstract views: 250 | PDF views: 116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats