Sistem Informasi Reservasi Mara Coffee & Eatery


https://doi.org/10.36309/goi.v28i2.180
Paryanta Paryanta(1*) Mail, Neira Anjar Puji Susilo(2) , Elisa Puspita Rahayu(3)

Affiliation


(1) Program Studi Informatika, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Komputer, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Mara Coffee & Eatery adalah sebuah kedai kopi di wilayah kota Surakarta tepatnya di kelurahan Mojosongo, kecamatan Jebres. Mara Coffee & Eatery merupakan bisnis yang bergerak pada penjualan minuman dan makanan, khususnya minuman kopi. Proses bisnis yang berjalan yaitu pelanggan datang ke kedai, lalu memesan minuman dan makanan di kasir, setelah itu pelanggan mencari tempat duduk yang kosong tanpa diarahkan oleh petugas pemesanan. Dengan cara tersebut pelanggan tidak dapat mengetahui kondisi kedai sebelum datang langsung, jika kedai sedang ramai maka pelanggan akan mengalami masalah dalam pemilihan tempat duduk. Metode analisis yang digunakan adalah PIECES, Sedangkan metode pengembangan yang digunakan adalah metode Waterfall. Perancangan proses pada sistem ini menggunakan Flowchart dan UML, yang diantaranya yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Proses pengembangan sistem menggunakan Android Studio dan Java. Penyimpanan data menggunakan database MySql. Pengujian sistem menggunakan metode Blackbox testing yang merupakan pengujian yang berfokus pada fungsionalitas perangkat lunak. Hasil yang diperoleh adalah sistem berjalan dengan baik sesuai dengan perancangan, sistem ini dapat memudahkan dan bermanfaat untuk pelanggan maupun pemilik Mara Coffee & Eatery.Mara Coffee & Eatery adalah sebuah kedai kopi di wilayah kota Surakarta tepatnya di kelurahan Mojosongo, kecamatan Jebres. Mara Coffee & Eatery merupakan bisnis yang bergerak pada penjualan minuman dan makanan, khususnya minuman kopi. Proses bisnis yang berjalan yaitu pelanggan datang ke kedai, lalu memesan minuman dan makanan di kasir, setelah itu pelanggan mencari tempat duduk yang kosong tanpa diarahkan oleh petugas pemesanan. Dengan cara tersebut pelanggan tidak dapat mengetahui kondisi kedai sebelum datang langsung, jika kedai sedang ramai maka pelanggan akan mengalami masalah dalam pemilihan tempat duduk. Metode analisis yang digunakan adalah PIECES, Sedangkan metode pengembangan yang digunakan adalah metode Waterfall. Perancangan proses pada sistem ini menggunakan Flowchart dan UML, yang diantaranya yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Proses pengembangan sistem menggunakan Android Studio dan Java. Penyimpanan data menggunakan database MySql. Pengujian sistem menggunakan metode Blackbox testing yang merupakan pengujian yang berfokus pada fungsionalitas perangkat lunak. Hasil yang diperoleh adalah sistem berjalan dengan baik sesuai dengan perancangan, sistem ini dapat memudahkan dan bermanfaat untuk pelanggan maupun pemilik Mara Coffee & Eatery.

Keywords


kopi; reservasi; sistem informasi

Full Text:

PDF  HAL. 162-172

References


Naibaho, R. S. (2017). Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan. April.

Hanum, Z. (2021). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone

Suarantalla, R., Fajar Aryo Nugroho, & Hermanto, K. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android Pada Rumah Makan “Bengawan Tepi Sawah. Journal of Information Systems and Informatics, 3(2), 329–340.

Setiawan Rudi, & Nugroho Wahyu. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Journal of Information Systems and Informatics, 3(2), 329–340.

Rahmawita, M., & Wiratama, A. (2021). Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran dan Cafe Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 76–82.

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64–77.

Widarma, A., & Kumala, H. (2018). Perancangan Gaji Karyawan Pada PT. PP London Sumatra.Tbk. Jurnal Teknologi Informasi, 1(2), 166.

Ceryna Dewi, N. K., Anandita, I. B. G., Atmaja, K. J., & Aditama, P. W. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 100–107.

Monica, N., Sarkum, S., & Purnama, I. (2018). Aplikasi Data Mahasiswa Berbasis Android: Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu. It Journal Research and Development, 3(1), 43–53.

Susanty, W., Astari, I. N., & Thamrin, T. (2019). Aplikasi Gis Menggunakan Metode Location Based Service (Lbs) Berbasis Android. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 10(1).

Anwardi, A., Ramadona, A., Hartati, M., Nurainun, T., & Permata, E. G. (2020). Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(1), 57.

Nugroho, A., Rachmatullah, R., Hananta, T., & Artadi, T. (2019). Aplikasi Penyewaan Alat Outdoor pada Camel Adventure Surakarta Berbasis Android. 25(2), 71–81.

Paryanta. (2020). Pedekatan Pengembangan Sistem (Structure Analysis Design & Object Oriented Analysis Design).

Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22.

Sucipto, S. (2017). Perancangan Active Database System pada Sistem Informasi Pelayanan Harga Pasar. Intensif, 1(1), 35.

Benjamin, W. (2019). Manajemen Database. Manajemen Database, 3(1), 1–9.

Liu. (2020). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Text Chatting Berbasis Android Web View. 8(2), 151–156.

Ramadhan, Y. (2018). Aplikasi Informasi Transportasi Angkutan Setiawan, M. P. H., & Masya, F. (2020). Analisa Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Fasilitas Umum dan Informasi Pembuatan E-KTP Untuk Masyarakat. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 5(1), 1–8.

Tobergte, D. R., & Curtis, S. (2013). Sekilas tentang Sublime Text. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nirsal, Rusmala, & Syafriadi. (2020). Desain Dan Implementasi Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakue Tengah. Journal Ilmiah d’Computare, 10, 30–37.

Udaksana, A. P. C., & Kusaeri, W. R. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Digital School Dengan Java NetBeans IDE 8.1. Irons, 332–336.

Fahrozi, W., & Harahap, C. B. (2018). Sistem Informasi Transparansi Nilai Mata Kuliah Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima, 2(1), 56–62. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUSIKOM/article/view/165

Andy Antonius Setiawan, Arie S.M. Lumenta, S. R. U. A. S. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Unsrat E-Catalog. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 1–9.

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2021). Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1), 22.

Priyaungga, B. A., Aji, D. B., Syahroni, M., Aji, N. T. S., & Saifudin, A. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 3(3), 150.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i2.180

Article Metrics

Abstract views: 249 | PDF views: 154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats