Aplikasi Kos Dan Kontrakan Area Surakarta Berbasis Android


https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.162
Robby Rachmatullah(1*) Mail, Anton Respati Pamungkas(2) , Ilham Cahya Putra Ramadhan(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Surakarta merupakan salah satu kota dengan kepadatan penduduk yang cukup banyak dibandingkan dengan kota karesidenan atau kota penyangga. Mobilitas penduduk dari kota sekitar yang hilir mudik menambah ramainya kota Surakarta ini. Hal ini menyebabkan permasalahan yaitu kurangnya media informasi untuk menyewa hunian atau yang sering disebut dengan kos dan kontrakan tanpa harus datang mencari dari satu lokasi ke lokasi lain. Kurangnya media informasi tersebut mengakibatkan calon penyewa hunian dari luar kota kesulitan menyewa hunian karena harus mencari lokasi dari hunian tersebut. Penelitian ini membangun Aplikasi Kos dan Kontrakan Area Surakarta Berbasis Android. Aplikasi ini dapat daikses melalui perangkat android dan digunakan sebagai proses penyewaan hunian tanpa harus datang ke lokasi hunian tersebut. Perancangan proses sistem dalam penelitian ini menggunakan Flowchart dan Unified Modeling Language, sedangkan pembuatan aplikasi menggunakan android studio. Pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall, analisis kelemahan menggunakan metode PIECES dan metode pengujian sistem menggunakan metode blackbox testing. Hasil dari pengujian sistem dengan metode blackbox testing ini menunjukkan bahwa sistem dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya kesalahan pada sistem. Berdasarkan hasil tersebut, dapat menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil dalam merancang desain aplikasi mobile untuk proses penyewaan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sepuluh sampel kos dan kontrakan yang ada di Kota Surakarta. Aplikasi ini mempermudah proses penyewaan hunian dan juga cocok untuk pengguna berdasarkan empat variabel : Kegunaan (Usefulness), Kemudahan Penggunaan (Ease Of Use), Kemudahan Belajar (Ease of Learning), dan Kepuasan (Satisfaction).

Keywords


Penyewaan; Sistem; Informasi

Full Text:

PDF  HAL. 9-20

References


Gunawan, D., & Nugroho, E. C. (2015). Sistem informasi sewa rumah kost dan rumah kontrakan berbasis web di surakarta. 2(1), 19–25.

Pratama, R., Sai, S., & Yuliananda, A. (2019). Aplikasi Persebaran Rumah Kos Berbasis Android.

Mita, R. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 2, p. 9).

https://media.neliti.com/media/publications/100164-ID-wawancara-sebuah-interaksikomunikasi-da.pdf.

Dr. Sandu Siyoto, SKM., M.Kes & M.Ali Sodik, M. . (2015). Dasar Metodologi Penelitian.

Drongelen, M. (2015). Android Studio Cookbook.

Putra, T. T., & Budi, A. (2016). IMPLEMENTASI APLIKASI PHOTO EDITOR BERBASIS ANDROID UNTUK DESAIN WEBSITE Timothy. Jurnal Informatika

Dan Bisnis, 5, 30–39. https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JIB/issue/view/25/45.

Fahrozi, W., & Harahap, C. B. (2018). Sistem Informasi Transparansi Nilai Mata Kuliah Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima, 2(1), 56–62. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUSIKOM/article/view/165

Andy Antonius Setiawan, Arie S.M. Lumenta, S. R. U. A. S. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Unsrat E-Catalog. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.162

Article Metrics

Abstract views: 226 | PDF views: 244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats