Inverter Pure Sinus sebagai Pengganti Genset Berbasis IoT


https://doi.org/10.36309/goi.v27i2.155
Erni Widarti(1*) Mail, Ernes Cahyo Nugroho(2) , Ratna Herawati(3) , Muhamaad Naufal Ma’arif(4)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB, Surakarta, Indonesia
(2) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB, Surakarta, Indonesia
(3) Program Studi Teknik Komputer, STMIK AUB, Surakarta, Indonesia
(4) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB, Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Pada jaman yang sudah maju ini teknologi menjadi peranan penting bagi masyarakat dimana perkembagan teknologi tidak lepas oleh sumber daya listrik yang mengakibatkan pihak PLN menambah daya bagi setiap lingkungan. Akan tetapi banyak pihak yang belum bisa merasakan kehadiran listrik terutama di daerah-daerah terpencil dan ini sangat mengganggu dalam aktivitas masyarakat. Sebagai alternatif untuk pemasokan listrik, banyak masyarakat menggunakan genset agar tidak mengganggu aktifitas atau pekerjaan masyarakat. Mengantisipasi adanya kejadian terputusnya aliran listrik dan kerusakan pada genset maka dibuatlah Inverter Pure Sinus. Inverter Pure Sinus ini berfungsi sebagai listrik cadangan sebagai langkah penggunaan listrik secara berkala. Inverter Pure Sinus yang banyak dijumpai dipasaran tidak bekerja secara optimal dan tidak dapat bekerja secara otomatis. Maka dilakukanlah penelitian menggunakan metode System Infrastructure Development  Life Cycle for Enterprise Computing Systems (SIDLC), dari penelitian tersebt untuk menjawab dan mencoba dipecahkan dengan dibuatnya rangkaian intranstruktur Inverter Pure Sinus yang dapat bekerja secara otomatis dengan  menggunakan modul ESP 8266 dan dapat dibawa kemanapun untuk sumber daya listrik.

Keywords


Inverter pure sinus; ESP8266; Genset

Full Text:

PDF  HAL. 177-184

References


Albaehaqi, F., Hong, T. S., Putro, T. Y., Syafar, A. M., Nusa, T., Sompie, S. R. U. A., Rumbayan, E. M., Hendrawati, T. D., Wicaksono, Y. D., Andika, E., & ANDI SETIONO, S. (2018). Alat Pengukur dan Pensaklaran Penggunaan daya Listrik pada Ruangan berbasis IoT. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi TELAAH, 1(1), 177.

Anggoro, S. F. (2019). Powerbank. Powerbank untuk suplay daya beban pada rumahtinggal, 2.

Fitrianda, M. I. (2013). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember

Muhammad Luqman, Eka Mandayatma, Sidik Nurcahyo. (2019). Eltek. Studi Komparasi Untuk Kerja Inverter 12V-DC ke 220V-AC yang ada di pasaran , 98.

Rusman, S. (2014). Aki. Rancang Bangun Sistim Pengisian Baterai Otomatis Genset TIpe Rider di Kampus Kemaritiman Polnes Samarinda, 24.

Saputra, A. J. (2019). UPS. Rancang Bangun Unintrerruptible Power Supply (UPS) Sebagai Back- up Berbasis Arduino, vii-1.

Samsugi, Selamet, Ardiansyah, A., & Kastutara, D. (2018). Arduino dan Modul Wifi ESP8266 sebagai Media Kendali Jarak Jauh dengan antarmuka Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 12(1), 23.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v27i2.155

Article Metrics

Abstract views: 285 | PDF views: 231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats