Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Bulu Tangkis di Gedung Olahraga AUB Surakarta Berbasis Android


https://doi.org/10.36309/goi.v27i2.151
Isadora Nugroho(1*) Mail, Robby Rachmatullah(2) , Ilnayati Simanjuntak(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Informasi, STMIK AUB, Surakarta, Indonesia
(2) Program Studi Sistem Informasi, STMIK AUB, Surakarta, Indonesia
(3) Program Studi Sistem Informasi, STMIK AUB, Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Gedung Olahraga AUB Surakarta adalah sebuah  usaha yang bergerak dibisnis penyewaan lapangan bulu tangkis, masih menggunakan sistem manual yaitu pelanggan datang langsung kelokasi untuk menanyakan informasi jadwal penyewaan lapangan, lalu akan memesan jika tersedia lapangan yang kosong, transaksi akan dilakukan ketika calon penyewa datang pada jadwal yang telah ditentukan. Untuk membantu proses transaksi penyewaan maka dibuatkan sistem yang mampu mengolah transaksi penyewaan secara online, dan mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi jadwal lapangan, informasi harga sewa dan dapat melakukan pemesanan secara online. Hasil perancangan sistem informasi pemesanan ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Untuk analisa kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES (Perfomance, Information, Economy, Cotrol, Efficiency, dan Service).Sedangkan untuk menggambarkan alur data menggunakan yang terdiriflowchart sistem, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan blackbox testing, sistem yang dibangun dapat membantu masalah yang dihadapi pengelola Gedung Olahraga AUB.

Keywords


Gedung olahraga AUB; Informasi penyewaan; Bulu tangkis, Android

Full Text:

PDF  HAL. 138-149

References


Safaat, N. (2012). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV

Pressman, R. S. (2001). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi.

Supardi, I. Y. (2017). Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi Dengan Android. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shalahuddin, M. D. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v27i2.151

Article Metrics

Abstract views: 172 | PDF views: 127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats