Aplikasi Pengenalan Penyakit Kejiwaan Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android

Kristono Kristono, Ony Budi Prasetyo, Sri Irjani Sholihah

Abstract


Pada penelitian ini penulis membuat Sistem Pakar Kejiwaan Berbasis Android dengan menerapan metode certainty factor dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan metode pendekatan Waterfall. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode pustaka. Metode analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES. Sistem ini dibuat agar seseorang dapat mengetahui dan menanggulangi penyakit yang dideritanya. Sistem pakar untuk diagnosa penyakit kejiwaan ini merupakan suatu sistem pakar yang dirancang sebagai alat bantu untuk mendiagnosa penyakit kejiwaan dengan basis pengetahuan yang dinamis. Dimana sistem pakar merupakan sistem komputer yang berisi penalaran seorang pakar yang memiliki keahlian tertentu dan sistem pakar juga dapat sebagai pengganti peran seorang pakar yang prinsip kerjanya dapat memberikan hasil yang pasti, menggunankan metode certainty factor. Sistem pakar ini akan menampilkan pertanyaan gejala yang dapat dipilih oleh user, dimana setiap pilihan gejala user terdapat nilai dan nilai tersebut diakumulasi dengan nilai gejala oleh pakar. Pada hasil akhir, sistem akan menampilkan hasil diagnosa user, dan penyakit yang diderita. Sistem tersebut memberikan hasil berupa kemungkinan penyakit yang dialami beserta persentase keyakinan, dan user dapat berkonsultasi dengan pakar.


Keywords


Sistem Pakar, Gangguan Kejiwaan, Certainty Factor, Andorid

Full Text:

PDF

References


Mevung, F. I., Suyatno, A., & Maharani, S. 2017. Diagnosis Penyakit Kejiwaan Menggunakan Metode Certainty Factor. Samarinda: Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Mulawarman.

Kurniawan, F. Bab II Tinjauan Pustaka. http://repository.ump.ac.id/812/3/FAJAR%20KURNIAWAN%20BAB%20II.pdf. [Accessed: Oktober 2020]

Silvinia, A. M. 2020. Aplikasi Penjualan Alat Musik Gamelan Jawa Berbasis Android Studi Kasus: CV. Resi Laras (Doctoral dissertation, STMIK AUB Surakarta).

Daniel, D., & Virginia, G. 2010. Implementasi sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit dengan gejala demam menggunakan metode certainty factor. Jurnal Informatika, 6(1).

Khawarizmi, I. N., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. 2020. Diagnosa Depresi Pada Mahasiswa Menggunakan Metode Certainty Factor dan Forward Chaining. INTI Nusa Mandiri, 14(2), 139-144.

Maslim, Rusdi. 2001. Diagnosa Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III. PT Nuh Jaya – Jakarta.

Sari, N. A. 2013. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Menggunakan Metode Certainty Factor. Pelita Inform. Budi Darma, 4, 100-103.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats