Alat Pengukur Debit Air dan Harga Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Berbasis IoT

Widyo Ari Utomo, Agung Nugroho, Muslim Nugroho

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi informasi telah melahirkan smartphone yang memiliki kemampuan seperti computer. Di dalam PAMSIMAS, samrtphone dapat memberikan kenyamanan atau kemudahan dalam monitoring penggunaan debit air pada masyarakat yang menggunakan air PAMSIMAS. Hasil yang dicapai adalah meningkatkan aspek kenyamanan dan kemudahan yang umumnya digunakan pada masyarakat awam dalam monitoring penggunaan debit air setiap bulannya, dimana yang sebelumnya menggunakan meteran yang tidak semua orang bisa membacanya, dan rangkaian ini dapat bekerja dengan water flow sensor pada mikrokontroler arduino uno. Sistem kerja sensor ini adalah dengan memanfaatkan fenomena efek hall. Efek hall ini didasarkan pada efek medan magnetik terhadap partikel bermuatan yang bergerak sehingga didapatkan nilai frekuensi. Frekuensi kemudian dikalkulasikan menjadi kecepatan laju air dan volume total. Hasil pengukuran kemudian ditampilkan pada LCD 16x4 karakter berupa laju air dan volume total. Kemudian hasil tersebut di kirimkan ke smartphone petugas PAMSIMAS dengan menggunakan wemos d1 mini ke aplikasi blynk. Dengan adanya alat tersebut diharapkan dapat memudahkan PAMSIMAS untuk memonitoring secara online sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja serta mempermudah pengolahan data dan laporan.

Keywords


Monitoring Penggunaan Debit Air, Water Flow Sensor, PAMSIMAS

Full Text:

PDF

References


Amin Suharjono, L. N. (2015). Aplikasi Sensor Flow Water Untuk Mengukur Penggunaan Air Pelanggan Secara Digital Serta Pengiriman Data Secara Otomatis Pada PDAM Kota Semarang. Semarang.

Arif., A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Debit Air Berbasis Arduino uno.

Bain, A. &. (2017). Sistem Kendali dan Penghitungan Biaya Air PDAM Menggunakan Watter Flow Sensor.

Chaerunnissa, C. (2014). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Di Kabupaten Brebes (Vol. 5). Brebes.

Dr. Sandu Siyoto, S. M. (1, Juni 2015). Dasar Metodologi Penelitian.

Hadi Wahyono, F. (2017). Persepsi Masyarakat Mengenai Kinerja Pelayanan PAMSIMAS di Kota Semarang (Vol. 13). Semarang.

HANDOKO, P. (2017). Sistem Kendali Perangkat Elektronika Monolitik Berbasis Arduino Uno R3. Jakarta.

Harrizki Arie Pradana, R. (2014, Maret). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Pengguna Air PDAM Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. SISFOKOM, 03, 60 - 66.

Ilhamsyah, D. D. (2016). Prototipe Pengukur Debit Air Secara Digitaluntuk Monitoring Penggunaan Air Rumah Tangga. Coding, Sistem Komputer Untan, 4, 109 - 118.

Ilhamsyah, R. D. (2015). Prototipe Sistem Keran Air Otomatis Berbasis Sensor Flowmeter Pada Gedung Bertingkat. Coding, Sistem Komputer Untan, 03, 25 - 34.

M. Iqbal Ar Rasyid, M. M. (2013). Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android (Vol. 04). Bandung.

Mardwi Rahdriawan, M. (2013). Evaluasi Pengelolaan Program Pamsimas Di Lingkungan Permukiman Kecamatan Mijen, Semarang (Vol. 2). Semarang.

Masthura, &. A. (2018). Jurnal Ilmu Fisika dan Teknologi.

Min Jiang, C. j. (2009). Seystem Infrastructure Development Life Cycle For Enterprise Computing Systems., IEEE.

Musrachi, V. R. (2015). Perancangan Sistem Pengukuran dan Monitoring pemakaian Air Rumah PDAM berbasis SMS.

Nuraini, R. (2017). Desk Check Table Pada Flowchart Operasi Perkalian Matriks. 10.

Prasetyo Diyan Rebiyanto, A. R. (2018). Rancang Bangun Sistem Mikrokontroler dan Monitoring Kelembapan dan Temperatur Ruangan Pada Budidaya jamur Tiram Berbasis Internet Of Thing.

Rina Mardiati, F. A. (2016). Rancang Bangun Prototipe Sistem Peringatan Jarak Aman pada Kendaraan Roda Empat Berbasis Mikrokontroler ATMEGA32. Bandung.

Risanty, R. D. (2016). Rancang Bangun Sistem Pengendalian Listrik Ruang Dengan Menggunakan Atmega 328 dan Sms Gateway Sebagai Media Informasi.

Rouf, A. (2018). Perancangan Flowmeter Ultrasonik untuk Mengukur Debit Air pada Pipa.

Sabakingkin, R. (2011). Alat Ukur Volume Air dan Penghitung Tarif Pada Water Meter PDAM.

Soeharwinto, A. A. (2015, November). Perancangan Sistem Informasi Debit Air Berbasis Arduino uno. 13, 89 - 95.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung.

Suharjono, A. R. (2015). Aplikasi Sensor water flow untuk mengukur pengguna air pelanggan secara digital dan mengirim data secara otomatis pada PDAM.

Suwandi, E. R. (2018). Sistem Kendali Air Pelanggan PDAM Berbasis Water Flow Sensor dan SMS Gateway. Surakarta.

Tony Kusuma, M. T. (2018). Perancangan Sistem Monitoring Infus Berbasis Mikrokontroler Wemos D1 R2. Bandung.

Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Tanggerang Selatan.

Wijayanto, D. T. (2016). Prototipe Pengukuran Debit Air Secara Digital untuk Monitoring Penggunaan Air Rumah Tangga.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats