Aplikasi Android Solenoid Door Lock Android Studi Kasus: Indekos Putri Griya Aluya


https://doi.org/10.36309/goi.v26i2.134
Wisnu Wendanto(1*) Mail, Haryo Basuki(2) , Yulianto Permadi(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Pintu merupakan akses utama untuk memasuki sebuah ruangan atau kamar, efesiensi dan kenyamanan dalam penggunaan pintu pula sangat dibutuhkan untuk mempermudah manusia dalam mengakses sebuah ruangan terutama pada saat membawa banyak barang ataupun aktifitas lain yang menyulitkan untuk menggunakan kunci konvensional. Di Indekos Putri Griya Aluya terdapat dua puluh delapan kamar yang semuanya masih menggunakan kunci konvensional. Karena penggunaan pada anak kunci sering diputar lama kelamaan anak kunci akan rusak karena gerigi pada anak kunci gundul, sehingga pintu tidak dapat dibuka dan terkadang pengguna kamar indekos setelah pulang dari kampung halaman anak kunci tertinggal. Untuk mempermudah pengguna kamar dalam mengakses kamar maka dibuatkan aplikasi android solenoid door lock sehingga pengguna dapat membuka dan mengunci kamar menggunakan smartphone android. Hasil perancangan aplikasi ini menggunakan metode prototype. Sedangkan  untuk menggambarkan alur diagram menggunakan flowchart sistem. Menggunakan aplikasi android studio dan arduino ide dalam pembuatan aplikasi, serta esp32 sebagai mikrokontroler dan solenoid door lock sebagai pembuka dan pengunci. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan pintu replika, alat yang sudah dirancang dapat membantu masalah yang dihadapi pada indekos Putri Griya Aluya.


Keywords


Indekos Putri Griya Aluya, Solenoid Door Lock, Android Studio, Arduino IDE, ESP32

Full Text:

PDF  HAL. 174-185

References


Arifianto, Teguh. 2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi Publisher.

Benedictus Surya Artha Mahendra. 2018. Kunci Pintu Pintar Berbasis RFID dan Biometri dengan Sistem Pengamanan Kamera. Jurnal USD, November. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Biswas, Shatadru Bipasha, dan M. Tariq Iqbal. 2018. “Solar Water Pumping System Control Using a Low Cost ESP32 Microcontroller.” 2018 IEEE Canadian Conference on Electrical & Computer Engineering (CCECE).

Deni Adi Setiawan. 2019. Prototype Home Security System dengan Autentifikasi KTP-El. Jurnal UNY, Februari. Program Studi Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermawan S, Stephanus. 2011.Mudah membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Offset.

Malvino, A.P. 1993. Electronic Principle. Singapore: McGraw-Hill.

Nazarudin Safaat Harahap. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

www.developer.android.com

Sri Setyani. 2017. Rancang Bangun Alat Pengaman Brankas Menggunakan Rfid (Radio Frequency Identification) dengan memanfaatkan E-KTP Sebagai Tag Berbasis Arduino. Jurnal Unnes, November. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

www.Arduino.cc




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v26i2.134

Article Metrics

Abstract views: 540 | PDF views: 637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats