Projected Motion sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Anak Usia Dini

Paryanta Paryanta, Henoch Henoch

Abstract


Pada pembelajaran anak usia dini masih ditemukan banyak media pembelajaran pengenalan huruf dan angka yang masih menggunakan media kertas yang ditempel pada dinding, dimana tidak ada yang menjelaskan bagaimana pengucapan dan penulisan huruf dan angka yang benar, sehingga banyak anak dalam pengucapannya masih banyak yang salah. Tujuan penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini yang perkembangannya makin pesat melalui pembuatan media pembelajaran pengenalan huruf dan angka menggunakan  model pembelajaran project motion media. Metode pengembangan sistem dengan waterfaal, sedangkan analisa dan perancangan sistem menggunakan Dialog Chart, Storyboard. Pembuatan sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan android studio sebagai frame work. Media pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif baru pembelajaran anak usia dini sehingga dapat belajar dan berlatih pembelajaran secara mandiri. Serta membantu anak usia dini dalam proses pembelajaran sehingga menambah semangat belajar. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur pembelajaran antara lain belajar huruf, kata, angka, aritmatika, menulis dan kuis. Aplikasi dilengkapi dengan animasi, suara dan video.


Keywords


Media; Pembelajaran; Huruf, Angka

Full Text:

PDF

References


Allen, S., Graupera, V., & Lundrigan L. 2010. Pro Smartphone Cross Platform Development. USA : Apress.

Arsyad, Azhar. 2011.”Media Pembelajaran”.cetakan ke-15.Jakarta:Rajawali Pers.

Baksin, Askurifai. 2006. Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekitama Media.

Hadi, Nur. 2005. Storyboard Dalam Media Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Hari, Susilo dan Krisdian Isnu Wardana. 2014. Media Pembelajaran Interaktif Manfaat Buah dan Sayuran Bagi Tubuh Manusia Untuk Taman Kanak-Kanak Tunas Muda. Yogyakarta:STMIK AMIKOM.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Jeffrey, W. L., Lonnie, B. D., & Kevin, C. D. 2001. System Analysis and Design Methods 5thEd. McGraw-Hill.

Khoiri, Nur, Irna Farikhah dan Untung Sucipto. 2010. Pemanfaatan Projected Motion Media Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Bumi Dan Antariksa. Semarang:IKIP PGRI.

Kurniawati, Sandy, Calvin dan Mery Yustina. 2013. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Self-Learning Pada Sistem Operasi Android. Jakarta: Binus University.

Miyarso, Estu. 2009. Developing of Interactive Multimedia for the Study of Cinematography. Yogyakarta:UNY.

Mobile Marketing Association.2008. Mobile Applications. diakses (05 April 2019) dari http://www.mmaglobal.com/files/mobileapplications.pdf.

Pendidikan, Dinas. 2012. Kurikulum. Sragen: Dinas Pendidikan.

Sahid. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Diakses (05 April 2019) dari http://www.frewebs.com/santyasa/pdf2.

Schildt, H. 2007. Java The Complete Reference (7th Edition). New York : McGrawHills.

Sodikin dan Edi, Y. Tyas Catur Pramudi.2009. Penyesuaian Dengan Modus Pembelajaran.Semarang: UDINUS.

Sommerville, I. 2011. Software Engineering. (9th Edition). United States: Pearson Higher Education.

Sulindawati dan Muhammad Fathoni. 2010.Pengantar Analisa Perancangan Sistem.Medan: STMIK Triguna Dharma.

Whitten, J. L., & Bentley, L. D. 2007. Systems Analysis & Design Method.(7th Edition). New York : McGrawHills.

Williams, L. 2006. Testing Overview And Black-Box Testing Techniques. Retrieved from http://agile.csc.ncsu.edu/SEMaterials/BlackBox.pdf.

Zahriyatun, Anggi. 2014. E-Tung (Edugame Berhitung) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak TK.Purwokerto: AMIKOM Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.36309/goi.v25i2.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats