Aplikasi Pemesanan Barang pada Unit Produksi Percetakan SMK Grafika Berbasis Android

Isadora Nugroho, Haryanto Haryanto, Ambar Saputri

Abstract


Smartphone atau yang biasa dikenal dengan Ponsel merupakan salah satu wujud dari perkembangan teknologi yang dapat mempersempit ruang maupun waktu. Fungsi ponsel sekarang tidak hanya menjadi alat komunikasi saja akan tetapi sudah menjadi sarana hiburan dan juga gaya hidup. Aplikasi pemesanan barang pada unit produksi percetakan berbasis android ini bisa menjadi suatu sistem atau aplikasi yang sangat membantu pelanggan percetakan dalam mengumpulkan informasi dan melakukan pemesanan barang, karena bisa diakses dimanapun. Aplikasi Pemesanan Barang Pada Unit Produksi Percetakan SMK Grafika Berbasis Android, dibangun menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus di Kota Surakarta. Teknik analisa kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES (Perfomance, Information, Economy, Cotrol, Efficiency, dan Service). Untuk teknik pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, sedangkan untuk menggambarkan alur data menggunakan Data Flow Diagram yang terdiri dari diagram konteks, Data Flow Diagram level 0, Data Flow Diagram Level 1 dan Data Flow Diagram Level 2. Software yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Android Studio dan XAMPP sebagai koneksi database MySQL. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan blackbox testing, sistem yang dibangun dapat membantu masalah yang dihadapi unit produksi percetakan dan pelanggan.

Keywords


Percetakan; Aplikasi pemesanan barang pada unit percetakan berbasis android; Android Studio; XAMPP

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2016. Buku Pedoman Penyusunan Skripsi. Surakarta: STMIK AUB Surakarta.

Gat. 2015. Integrasi Fingerprint System dengan Real Time Absensi Dosen Berbasis Web. Cogito Smart Journal. ISSN: 2541, Volume 2, Nomor 2, Halaman 135-146. http://www.e-jurnal.com/2017/10/integrasi-fingerprint-system-dengan.html?m=1.Diakses pada tanggal 02 Maret 2018.

Hermawan S, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi.

Irawan, dkk. 2015. Presensi Sidik Jari (Fingerprint) Berbasis Web Service. Jurnal Fakultas MIPA Universitas Mulawarnman, Volume 1, Nomor 1. Samarinda. http://fmipa.unmul.ac.id./files/docs/Jurnal-Adi%20Irawan.pdf.Diakses pada tanggal 02 Juni 2018.

Jogiyanto, H. 2005. Anaisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kristanto, Andri. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Jakarta: Gava Media.

Parlika. Rizky. Dkk. 2014. Sistem Absensi Sidik Jari Terintegrasi Sms Gateway Berbasis Dekstop Menggunakan Visual Basic dan Mysql. Jurnal Informatika. 9 (2): 7. http://eprints.upnjatim.ac.id. Diakses pada tanggal 02 Maret 2018.

Pressman, Roger. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Pedekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi.

Ragil, Wukil. 2010. Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standar. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Saputro, R.D dan Hartanto, A.D. 2013. Perancangan Sistem Informasi Presensi Menggunakan Visual Basic Pada Jogja Fitnes. Jurnal Ilmiah DASI, ISSN: 1411-3201, Volume 14, Nomor 04, Halaman 44-48. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/download/143/128/.Diakses pada tanggal 22 Juli 2018.

Sandi, Mulyana. 2014. Bikin Website dengan Aplikasi-aplikasi Gratis Cepat, Mudah & Murah. Yogyakarta: MediaKom.

Sunyoto, Andi. 2007. Ajax Membangun Web dengan Teknologi Asynchronouse JavaScript dan XML. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wikipedia Bahasa Indonesia. 2017. Pengertian Aplikasi. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Aplikasi. Diakses pada tanggal 01 Juni 2018.

Winardi. 2006. Penentuan Posisi dengan GPS untuk Survey Terumbu Karang. Puslit Oseanografi-LIPI. http://www.coremap.or.id/download/GPS.pdf. Diakses pada tanggal 01 Juni 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36309/goi.v25i2.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats