Pemanfaatan Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) sebagai Promotion Media Produk UMKM Makanan Khas di Jawa Tengah


https://doi.org/10.36309/goi.v30i2.305
Indra Ava Dianta(1*) Mail, Ahmad Zainudin(2) , Sherly Dwi Ditzi Savitri(3) , Edwin Zusrony(4) , Agustinus Budi Santoso(5)

Affiliation


(1) Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Semarang
(2) Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Semarang
(3) Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Semarang
(4) Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Semarang
(5) Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Semarang
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Perkembangan teknologi informasi melaju dengan cepat di berbagai bidang kehidupan. Digital marketing menjadi komponen penting dari teknologi informasi yang memberikan dampak dan pengaruh yang besar pada dunia usaha. Situs web memiliki fungsi sebagai media teknologi untuk memfasilitasi pelaku usaha seperti UMKM dalam mengenalkan produknya. SEO merupakan pendekatan promosi yang menggunakan optimasi mesin pencari untuk memastikan bahwa situs web tercantum di bagian atas atau di halaman pertama hasil mesin pencari. Riset ini dilakukan pada situs web warungukm.com yang berisi produk UMKM di Provinsi Jawa Tengah yang belum mengoptimalkan teknik SEO. Selanjutnya, metode SEO on- page diterapkan, termasuk optimasi kata kunci dalam tag judul, konten, kata kunci meta, deskripsi meta, dan berbagi media sosial. Pada tahap ini, beberapa pengujian dilakukan untuk mengukur keberhasilan teknik SEO yang diterapkan. Penerapan teknik SEO meningkatkan peringkat SERP (Search Engine Results Page) situs web, mencapai pengindeksan di halaman pertama Google dalam waktu kurang dari dua bulan.

Keywords


Website; Search Engine Optimization (SEO); UMKM; Jawa Tengah

Full Text:

PDF  HAL. 167-175

References


Z. A. Achmad, T. Z. Azhari, W. N. Esfandiar, N. Nuryaningrum, A. F. D. Syifana, and I. Cahyaningrum, “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 1, pp. 17–31, 2020.

D. Purnomo, D. P. Rakhmadani, M. R. Husein Lubis, M. P. Arum, and M. E. Purbaya, “Optimisasi Kata Kunci SEO Untuk Peningkatan Pemasaran Digital,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 8–15, 2022, doi: 10.21107/jsmb.v9i1.15233.

A. P. Hadi, A. Zainudin, and N. D. Setiawan, “Pemanfaatan Metode AIDA Dalam Desain Website Sebagai Media Promosi Produk Pada UMKM,” JUPITER (Jurnal Penelit. Ilmu dan Tek. Komputer), vol. 13, no. 2, pp. 1–6, 2021.

B. Susanto, “UMKM Jateng Naik Kelas, Bukan Isapan Jempol! Zaenal: Berkat Pemprov Produk Saya Tembus 9 Negara.” Accessed: Oct. 23, 2024. [Online]. Available: https://jateng.tribunnews.com/2023/10/27/umkm-jateng-naik-kelas-bukan-isapan-jempol- zaenal-berkat-pemprov-produk-saya-tembus-9-negara

N. F. Kusumawati, T. F. Kusumasari, and M. Lubis, “The Effectiveness of Digital Marketing for Show Up Company: Issues and Challenges,” in 2019 3rd International Conference on Electrical, Telecommunication and Computer Engineering (ELTICOM), IEEE, 2019, pp. 27–31.

R. S. Bhandari and S. Bansal, “An Analysis Between Search Engine Optimization Versus Social Media Marketing Affecting Individual Marketer’s Decision--Making Behavior,” Jindal J. Bus. Res., vol. 8, no. 1, pp. 78–91, 2019, doi: 10.1177/2278682119829607.

W. Ritz, M. Wolf, and S. McQuitty, “Digital Marketing Adoption and Success for Small Businesses: The Application of The do-It-Yourself and Technology Acceptance Models,”

J. Res. Interact. Mark., vol. 13, no. 2, pp. 179–203, 2019.

G. Vial, “Understanding Digital Transformation: A Review and A Research Agenda,”

Manag. Digit. Transform., pp. 13–66, 2021.

W. Chmielarz, A. Fandrejewska, M. Zborowski, and R. Nowackib, “Determinants of Internet Use Regarding Shopping Preferences, COVID-19 Pandemic Occurrence, Perception of Security and Internet Marketing–a Case Study of Poland,” Procedia Comput. Sci., vol. 207, pp. 4463–4476, 2022.

L. Zhang and E. Erturk, “Potential Lessons from Chinese businesses and Platforms for Online Networking and Marketing: An Exploratory Study,” Soc. Sci. Humanit. Open, vol. 6, no. 1, p. 100274, 2022.

A. Setiawan and F. Noviyanto, “Penerapan SEO (Search Engine Optimization) White Hat Menggunakan Metode Link Kontekstual Untuk Meningkatkan Serp Di Website Infonasa. Com,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, 2018.

V. M. Patil and A. V Patil, “SEO: On-page+ Off-page Analysis,” in 2018 International Conference on Information, Communication, Engineering and Technology (ICICET), IEEE, 2018, pp. 1–3.

E. Kalyan, “Importance of Google Search Engine Marketing in Evolving Digital Marketing Place,” Int. J. Eng. Appl. Sci. Technol., vol. 6, no. 10, pp. 131–135, 2022, doi: 10.33564/ijeast.2022.v06i10.016.

T. Husain, A. Sani, M. Ardhiansyah, and N. Wiliani, “Online Shop as an Interactive Media Information Society Based on Search Engine Optimization (SEO),” Int. J. Comput. Trends Technol., vol. 68, no. 3, pp. 53–57, 2020.

S. M. Mulyatun, G. S. Budi, D. R. Rahmawati, S. N. Wahyuni, R. J. Vijaya, and R. W. Widyawati, “Penerapan Search Engine Optimization Pada Website Kursus Online Anakkoding.Id,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 4, no. 2, p. 86, 2021, doi: 10.21927/ijubi.v4i2.1952.

Choiruddin and T. Hardiani, “Implementation of Digital Marketing Strategy for Improving UMKM Website Promotion (Case Study: Rumah Mesin),” Procedia Eng. LifeSci., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2021, doi: 10.21070/pels.v1i2.1151.

I. A. Dianta and A. A. Aqham, “Penerapan Search Engine Optimization untuk Website Dinamis Pada UKM Furniture Boyolali,” J. Pengabdi. Pada Masy. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 29–32, 2022.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v30i2.305

Article Metrics

Abstract views: 15 | PDF views: 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats