Perancangan Sistem Trouble Ticketing USAHID Surakarta
https://doi.org/10.36309/goi.v29i2.218
Astri Charolina(1*) , Diyah Ruswanti(2) , Wayan Cishe Fransiska Saputri(3)
Affiliation
(1) Program Studi Informatika, Universitas Sahid Surakarta
(2) Program Studi Informatika, Universitas Sahid Surakarta
(3) Program Studi Informatika, Universitas Sahid Surakarta
(*) Corresponding Author
How to Cite
Cite this ItemAbstract
Dalam pelayanan terkait teknologi informasi dan komunikasi di Universitas Sahid Surakarata bagian Pusat Sistem Informasi Terpadu (PSIT) kerap mendapatkan berbagai laporan dan keluhan dari user, saat ini user melaporkan dan mennyampaikan keluhan melalui aplikasi chat seperti whatsapp selama proses pelaporan ganguan. Saat ini unit terkait masih belum memiliki sistem yang dapat menangani keluhan dan laporan dari user untuk kendala teknis internal. Tujan penelitian ini adalah membuat perancangan sistem trouble ticketing untuk menangani laporan dan keluhan, khususnya di institusi USAHID agar dapat mendukung institusi melayani dengan cepat dan termonitor sehingga berpengaruh besar terhadap kepuasan layanan kepada user. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan metode kualitatif. Sedangkan pengembangan sistemnya menggunakan model waterfall. Perangkat lunak yang digunakan adalah: star UML, Balsamiq, Laravel, dan Bootstrap. Hasil dari penelitian ini terciptanya rancangan/ prototipe Sistem Trouble Ticket berbasis Web yang dapat dijadikan rekomendasi untuk unit ataupun institusi sehingga dapat meningkatkan layanan kepada user dalam hal merespon cepat keluhan yang dilaporkan serta dapat menjadi media informasi data gangguan yang telah terjadi.
Keywords
Full Text:
PDF HAL. 215-225References
D. M. Fitriani, R. Waluyo, M. I. S. Wafa, M. F. Rafiudi and M. Novita, "Sistem Informasi Layanan Pengaduan Upt-Tik Upgris Berbasis Web," in Science And Engineering National Seminar 5 (SENS 5), Semarang, 2020.
W. P. M. A. S. Sapta Musta Wijaya, "Sistem Informasi Trouble Ticket (SIKET) Untuk," Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) , vol. Volume 6 , no. Nomor 2, pp. 1171-1182, 2022.
M. Ardhiansyah, "Penerapan Model Rapid Application Development pada Aplikasi Helpdesk," Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. Vol. 2, no. No. 2, pp. 43-52, 2019 .
L. A. U. F. K. B. Lia Mazia, "Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web pada," Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. Vol. 6, no. No. 1, pp. 85-89, 2021.
E. Nurmala, "Analisa Dan Perancangan Sistem Layanan Gangguan Indihome Berbasis Web Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Telkom Witel Nusa Tenggara Barat," Hexagon Jurnal Teknik dan Sains, vol. Volume 2 , no. Nomor 2, pp. 23-31, 2021.
Y. N. D. F. W. F. H. R. A. M. S. Alfian, "Rancang Bangun Sistem Informasi Ticketing Helpdesk pada DPMPTS," JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. Vol. 7, no. No. 2, pp. 334-340, 2020.
T. T. Oktora, "Penerapan Aplikasi Balsamiq Wireframes pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Lumajang," Joined Journal Journal Of Informatics Education, vol. 6, no. 1, pp. 37-43, 2023.
U. A. A. B. D. Ilham Maulana Mubarok, "Perancangan dan Implementasi Antarmuka Pengguna Website Kursus Online Growup," e-Proceeding of Engineering, vol. Vol.10, no. No.1 , pp. 675-679, 2023 .
M. Ardhiansyah, "Penerapan Model Rapid Application Development pada Aplikasi Helpdesk Trouble Ticket PT. Satkomindo Mediyasa," Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. Vol. 2, no. No. 2, pp. 43-52, 2019 .
S. V. K. P. Budhi Sumboro, "Sistem Informasi Penjualan Blangkon Pada Kampoeng Blangkon ( Studi Kasus di Kampoeng Blangkon Potrojayan, Serengan, Surakarta )," GO INFOTECH: JURNAL ILMIAH STMIK AUB, vol. Vol.28, no. No.1, pp. 54-63, 2022.
DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v29i2.218
Article Metrics
Abstract views: 221 | PDF views: 333Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number: View Go Infotech stats