Perancangan Sistem Informasi Buku Tamu Berbasis Web dengan Metode PIECES (Studi Kasus di Universitas Dharma AUB Surakarta)


https://doi.org/10.36309/goi.v29i2.211
Abraham Aji(1*) Mail, Hartati Dyah Wahyuningsih(2) , Ratna Herawati(3) , BRM. Suryo Triono(4)

Affiliation


(1) Program Studi Informatika Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Informatika Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Komputer Universitas Dharma AUB Surakarta
(4) Program Studi Manajemen Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi buku tamu di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dharma (UNDHA) AUB Surakarta. Sebelumnya untuk data tamu yang berkunjung, dicatat pada log book manual di mana pengunjung diminta mengisi data kunjungannya di buku tersebut. Tetapi cara lama ini memiliki beberapa kelemahan, di antaranya data rentan hilang, pencarian data terhadap pengunjung tertentu harus dilakukan satu per satu, tidak ada cara untuk merekap data pengunjung pada kurun waktu tertentu, dan tidak ada cara untuk menampilkan statistik pengunjung yang sangat berguna dalam PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) yang diselenggarakan setiap tahunnya. Sehingga, dirancanglah sistem informasi buku tamu dengan harapan bisa mencari dan menampilkan informasi dengan cara yang lebih baik. Teknologi yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya bahasa pemrograman PHP untuk backend programming-nya, Bootstrap 5 untuk pembuatan UI (user interface) baik untuk halaman pengunjung maupun admin, lalu basis datanya memakai MariaDB. Dalam penelitian ini digunakan analisis PIECES untuk melihat kelemahan atau kendala pada sistem lama. Lalu untuk pemodelan sistemnya memakai diagram UML, seperti use case diagram dan diagram alir (flowchart). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi buku tamu sudah berhasil dibangun dan memiliki fitur-fitur yang diperlukan, yakni fitur pencarian, fitur rekap data, keamanan, dan statistik pengunjung.

Keywords


Buku; Tamu; Sistem; Informasi; Web

Full Text:

PDF  HAL. 135-146

References


Monday, T, U,“Impacts of Interview as Research Instrument of Data Collection in Social Sciences”, Journal of Digital Art & Humanities: 1(1): 15-24,2020.

Kumar, Ankit, ”Observation Methods”, International Journal of Scientific Research 13(6):1-14, 2022.

Hidayatullah, S., Setyorini, Windhyastiti, I., & Rachmawati, I. K, “Pieces Analysis: Means To Analyze The Satisfaction Of Transport Users In The City Of Malang”, International Journal of Scientific & Technologi Research 9(4): 758-763,2020.

Pratama, Andre, “PHP Uncover”, Padang Panjang: Penerbit Duniailkom, 2022.

Hadi, D., A, ”Belajar PHP & MySQLi dari Dasar Sampai Membuat Sistem Informasi Laundry”. Lhoksemawe: Penerbit MalasNgoding, 2019.

Putra, Y., M, “Responsive Web Design Menggunakan Bootstrap Dalam Merancang Layout Website”. Information system for educators and professionals 5(1): 61-70,2020.

Warman, I., & Ramdaniansyah, R,”Analisis Perbandingan Kinerja Query Database Management System (DMBS) Antara MySQL 5.7.16 dan MariaDB 10.1”. Jurnal TEKNOIF 6(1): 32-41,2018.

Nasution, R., & Harahap, A., M,”Web-Based Inventory Data Processing Information System At The Regional Development Planning Agency (Bappeda) North Sumatra Province”. Journal of Information System and Technology Research: 1(1): 32-41,2022.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v29i2.211

Article Metrics

Abstract views: 190 | PDF views: 155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats