Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lambung Dengan Metode Certainty Factor


https://doi.org/10.36309/goi.v29i1.207
Anton Respati Pamungkas(1*) Mail, Radite Purwahana(2) , Master Putra Praja(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Lambung merupakan salah satu oragan tubuh yang bertugas mencerna makanan, menyimpan makanan, serta memilah zat yang berbahaya, dan menyerap zat yang baik untuk tubuh. Karena lambung memiliki peranan yang sangat penting, maka perlu bagi kita untuk menerapkan pola makan yang sehat. Namun pada kenyataannya banyak sekali orang yang abai terhadap pola makan yang sehat. Efek dari pola makan yang sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit, contohnya Gastritis, Dispepsia, Gastroparesis dan juga Gastroesophageal Reflux Disease. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti memberikan solusi berupa sistem pakar diagnosa penyakit lambung dengan metode certainty factor. Dalam proses pengembangan sistem menggunakan framework CodeIgniter dengan bahasa pemrograman PHP dan juga framework Flutter dengan bahasa pemrograman dart. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah Rapid Application Development. Pada proses Analisa menggunakan metode PIECES dengan menggunakan Flowchart dan Unified Modeling Language untuk menggambarkan proses alur dan struktur data dari sistem yang berjalan.  Hasil dari penelitian ini adalah implementasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lambung yang dapat membantu dalam mengetahui gejala awal terhadap kemungkinan diagnosa dan resiko penyakit lambung. Sistem ini diuji menggunakan metode blackbox. Hasil dari pengujian dengan metode blackbox diperoleh hasil yang diharapkan.


Keywords


Sistem Pakar; Penyakit; Lambung; Certainty Factor; Diagnosa

Full Text:

PDF  HAL. 94-103

References


Yunita, R., & Simanjuntak, M. (2020). SISTEM Pakar Mendiagnosa Penyakit Lambung Metode Dempster Shafer. Jurnal Informatika Kaputama(JIK), 4(2).

Ewid, A., Kikky Vuspitasari, B., Rini Hapsari, V., & Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana, S. (2019). JBEE : Jurnal Bisnis Ekonomi dan Entrepreneurship Perilaku Kreatif Dan Inovatif Pengepul Buah Durian Dalam Usaha Lempok Dan Tempoyak Di Kecamatan Bengkayang.

Aprilyada, G., Akbar Zidan, M., Adypon Ainunisa, R., & Winarti, W. (n.d.). Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 2023.

Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. 4(4).

Supriyatna, A., Maria, V., BSI Karawang, A.,& Studi Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI Karawang, P. (n.d.). khazanah informatika Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika 88 Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES, 2017.

Putri, L. F. (2020). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Roseola Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON).




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v29i1.207

Article Metrics

Abstract views: 64 | PDF views: 42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats