Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus: Desa Ploso, Jumapolo, Karanganyar)


https://doi.org/10.36309/goi.v29i1.201
Sutariyani Sutariyani(1*) Mail, Hartati Dyah Wahyuningsih(2) , Widayasmin Riatamara(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Informatika, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program bantuan sosial bersyarat yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang memerlukan pelayanan sosial. PKH pertama kali dilaksanakan  di Indonesia  pada  tahun 2007, sejak saat itu  di Desa  Ploso  juga  telah melaksanakan bantuan PKH. Pelaksanaan bantuan PKH di Desa Ploso masih secara manual, yaitu penyeleksian calon penerima bantuan PKH dilakukan sendiri oleh petugas secara acak tanpa melalui proses perhitungan dan penyeleksian data warga serta bersifat subjektif, sehingga bantuan PKH yang disalurkan tidak tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem pendukung keputusan penerima bantuan PKH di desa Puroso yang akan memudahkan dalam pemilihan penerima bantuan PKH di desa Puroso. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Additive Weighting karena metode ini dapat melakukan perhitungan dengan cepat dan tepat dan didasarkan pada hasil penjumlahan terbobot pada seluruh atribut. Analisa sistem menggunakan analisa PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service), Perancangan sistem menggunakan flowchart dan UML (United Modelling Language). Untuk pembuatan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman Java Script dan PHP. Pengembangan sistem yang dibangun menggunakan metode Waterfall. Pengujian sistem menggunakan metode pengujian BlackBox Testing. Dari hasil pengujian sistem yang dilakukan, sistem baru ini memberikan solusi untuk masalah yang terdapat pada sistem lama yang sudah berjalan. Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan PKH di Desa Ploso membantu petugas Desa Ploso dalam menyalurkan bantuan PKH agar bantuan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran.


Keywords


Desa Ploso; Penerima Bantuan; PKH; Sistem Pendukung Keputusan; Simple Additive Weighting

Full Text:

PDF  HAL. 26-39

References


Ramadhan, M. H., Baidawi, M., Hakim, R., Anggara Fayyadh, A. S., Ningsih, T. W., & Siswopranoto, A. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Bahasa Pemrograman Java Pada Siswa/Siswi Smk Pustek Serpong. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2(3), 431–435.

Afifa, O. N., Silvia, T. A., Aldiansyah, Puspaningsih, A., Herdiansyah, A., Ramadhan, M. H., Baidawi, M., Hakim, R., Anggara Fayyadh, A. S., Ningsih, T. W., & Siswopranoto, A. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Bahasa Pemrograman Java Pada Siswa/Siswi Smk Pustek Serpong. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika,2(3), 431–435.

Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.

Handrianto, Y., & Sanjaya, B. (2020). Model Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Produk Dan Outlet Berbasis Web. Jurnal Inovasi Informatika, 5(2), 153–160.

Hetty Meileni, Oktapriandi, S., & Apriyanti, D. (2020). Analisis PIECES Pada Aplikasi WebGIS Pemetaan Ekonomi Kreatif (Ekraf). Teknika, 9(2), 138–145.

Pradipta, R. A., Wintoro, P. B., & Budiyanto, D. (2022). Perancangan Pemodelan Basis Data Sistem Informasi Secara Konseptual Dan Logikal. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 10(2).

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language), 6(1), 1–15.

Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.

Afifa, O. N., Silvia, T. A., Aldiansyah, Puspaningsih, A., Herdiansyah, A., Ramadhan, M. H., Baidawi, M., Hakim, R., Anggara Fayyadh, A. S., Ningsih, T. W., & Siswopranoto, A. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Bahasa Pemrograman Java Pada Siswa/Siswi Smk Pustek Serpong. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2(3), 431–435.

Dwi Nugroho, I. (2019). Pengembangan Aplikasi Search Engine Java Berbasis Android Dengan Algoritma Elasticsearch Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Pada Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Obyek. Jurnal IT-EDU. Volume 04 Nomor 01, 04, 156–163.

yolan dan mansuri. (2015). Sistem Informasi Pariwisata Propinsi Nangroe Aceh Darussalam Berbasis Web. Jupiter, 1, 32–39.

Evi Nurmiati. (2019). Jurnal web server . Web Server Hanphone, 5(2), 1–17.

Gligorijevic, N., Robajac, D., & Nedic, O. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Menggunakan metode SDLC pada PT. Mandiri Land Prosperous berbasis Mobile. 84(10), 1511–1518.

Hidayat Abdurahman et al. (2019). Membangun Website SMA PGRI Gunung Raya Ranau Menggunakan PHP dan MySQL. JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya, 2(2), 41–52.

Ii, B. A. B., & Teori, L. (2006). BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Simple Additive Weighting (SAW)




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v29i1.201

Article Metrics

Abstract views: 34 | PDF views: 33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats