Sistem Monitoring Lokasi Siswa Menggunakan GPS Ublox Neo-6m Di SD Muhammadiyah 1 Surakarta


https://doi.org/10.36309/goi.v28i2.178
Haryanto Haryanto(1*) Mail, Kristono Kristono(2) , Prathama Diva Wiranata(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Komputer, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Komputer, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Kriminalitas pada anak merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum dan sangat umum terjadi di lingkungan. Efek yang ditimbulkan dari kriminalitas pada anak adalah semakin khawatirnya orang tua yang kurang dalam pengawasan apalagi ketika selesai berkegiatan di sekolah. Pada situasi tersebut, tentu sangat dibutuhkan suatu sistem yang bisa memantau anak secara realtime dari jarak jauh. Guna mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan alat pelacakan dan monitoring lokasi melalui smartphone. Tujuan penelitian ini adalah Merancang Sistem Pelacakan dan Monitoring lokasi dari siswa di tempat yang telah ditentukan, yakni SD Muhammadiyah 1 Surakarta, menggunakan GPS Ublox Neo-6m berbasis IoT agar orang tua dapat mengawasi lokasi sang anak saat berada dalam perjalanan pulang secara realtime melalui smartphone. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan waterfall yang diawali dengan guru yang mengirimkan notifikasi absensi siswa kepada orang tua, lalu diteruskan dengan alat yang memberitahu lokasi dari siswa, kemudian orang tua dapat melakukan pelacakan lokasi dari anak pada smartphone dengan metode pengujian blackbox testing. Alat ini menggunakan NodeMCU V3 sebagai mikrokontroler untuk mengaktifkan sistem pengoperasian, Modul GPS Ublox Neo-6m sebagai penerima koordinat lokasi, dan Firebase Realtime Database untuk menyimpan dan menyinkronkan data secara realtime. Metode perancangan menggunakan UML seperti Use case diagram, Sequence diagram, Class diagram, dan Activity diagram, serta analisis kelemahan sistem menggunakan metode PIECES. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat memberikan informasi lokasi dari alat yang dibawa oleh anak setelah pulang sekolah. melalui aplikasi dan alat pemantauan lokasi siswa ini, orang tua tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk menjemput anak demi memastikan keberadaan mereka selepas kegiatan belajar mengajar di SD Muhammadiyah 1 Surakarta, karena kegiatan pemantauan lokasi dari sang anak dapat dilakukan melalui aplikasi smartphone dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Keywords


sistem monitoring; lokasi; siswa; Ublox Neo-6m

Full Text:

PDF  HAL. 138-150

References


BPS Jateng, “Data Polri: Ada 2.303 Kasus Penculikan dan Pekerja Anak pada 2019,” databoks.katadata.co.id, 2019.

M. W. S. D. Nugraha, Wahyu Syarif, “Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi,” vol. 03, no. 01, pp. 23–29, 2018, doi: http://e- journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/2457.

Novitasari, “INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS) Exploring the Impact of Trust in Leader and Knowledge Sharing on Employee Innovation,” no. June, 2021, [Online]. Available: http://www.ijosmas.org

U. Rahardja, E. P. Harahap, and D. I. Pratiwi, “Pemanfaatan RinfoSheet Sebagai Media Informasi Laporan Penjualan Barang pada Raharja Internet Cafe,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 12, no. 1, p. 65, 2018, doi: 10.32815/jitika.v12i1.245.

Federal Aviation Administration, “Satellite Navigation - Global Positioning System (GPS),” www.faa.gov, 2004.

U-blox, “NEO-6 u-blox 6 GPS Modules,” Www.U-Blox.Com, p. 25, 2017, [Online]. Available: https://www.u-blox.com/sites/default/files/products/documents/NEO- 6_DataSheet_(GPS.G6-HW-09005).pdf

Ardutech, “Apa itu NodeMCU V3 dan fungsinya dalam IoT (Internet of Things),”

www.ardutech.com, 2020.

L. Safitri, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Text Chatting Berbasis Android Web View,” vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2020.

“Arduino,” arduino.cc, 2018. https://www.arduino.cc/en/Guide/Introduction (accessed Jun. 11, 2022).

Google, “Menyimpan dan Menyinkronkan data secara Real Time,” firebase.google.com, 2011.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i2.178

Article Metrics

Abstract views: 373 | PDF views: 211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats