Sistem Informasi Penjualan Blangkon Pada Kampoeng Blangkon (Studi Kasus di Kampoeng Blangkon Potrojayan, Serengan, Surakarta)


https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.166
Budhi Sumboro(1*) Mail, Sutariyani Sutariyani(2) , Viramelia Kusuma Putri(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Informasi Universitas Dharma AUB surakarta
(2) Program Studi Sistem Informasi Universitas Dharma AUB surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi Universitas Dharma AUB surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Kampoeng Blangkon merupakan salah satu sentra industri blangkon di Surakarta, Sistem penjualan saat ini pada kampoeng blangkon yaitu pelanggan datang ke kampoeng blangkon dan mendatangi toko-toko apabila pelanggan cocok dengan jenis produk dan harga di salah satu toko di kampoeng blangkon maka pelanggan harus menanyakan kepada penjual terlebih dahulu apakah stock dari produk tersebut masih ada, karena penjual hanya melayani pembelian secara grosir minimal 1 kodi dan tidak melayani pembelian secara eceran, jika produk tersedia maka pelanggan akan melakukan pembayaran secara tunai di tempat dan penjual akan memberikan nota sebagai bukti transaksi pembayaran, serta nota tersebut disimpan oleh penjual sebagai bukti laporan penjualan disana, para penjual disana belum pernah melakukan pencatatan omset harian mereka maka dari itu mereka tidak dapat mengetahui berapa penghasilan mereka dalam satu hari. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah pieces dengan metode waterfall untuk menggambarkan model sistem adalah berupa flowchart, Unified Modelling Language (UML), Class Diagram, Activity Diagram dan Squence diagram serta dalam perancangan basis data menggunakan PhpMyadmin. Untuk mengimplementasikan sistem pencatatan dan pembuatan laporan ini, dibutuhkan komponen pendukung agar dapat bekerja dengan baik. Komponen tersebut diantaranya menggunakan bahasa pemrograman PHP, untuk penyimpanan data menggunakan database MySQL. Perancangan sistem ini diharapakan bisa membantu dan mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Dengan adanya Aplikasi ini dapat memudahkan Pembeli dalam melakukan transaksi dan bagi pengusaha di kampoeng blangkon dapat mempermudah dalam mengolah data.

Keywords


Blangkon; Penjualan; Sistem

Full Text:

PDF  HAL. 54-63

References


Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Yogyakarta: Erlangga.

Jeffry L. Whitten, L. D. (2001). System Analysis and Design Methods. New York: McGrew-Hill.

Agustini, W. J. (2019). Sistem E-Learning Do'a dan Iqro' dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), 155.

Karim Arrhioui, S. M. (2017). A Model Driven Approach for Modeling and Generating PHP CodeIgniter based Applications. Transaction On Machine Learning And Artifical Intelligence, 261.

Indra Setiawan, S. R. (2020). Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pada UD. Terang Jaya Abadi . Jurnal Infra, 2.

Sri Lestanti, A. D. (2016). Sistem Pengarsipan Dokumen Guru Dan Pegawai Menggunakan Metode Mixture Modelling Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 72.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.166

Article Metrics

Abstract views: 18 | PDF views: 5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats