Rancangan Bangun Aplikasi Dongeng Anak Domba Yang Tersesat Dengan Augmented Reality Berbasis Android


https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.165
FR Dessyana Kardha(1*) Mail, Ratna Herawati(2) , Agung Budi Laksono(3)

Affiliation


(1) Program Studi Informatika, Universitas Dharma AUB, Surakarta
(2) Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dharma AUB, Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB, Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Dongeng adalah sastra lama bercerita tentang kejadian luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) dan tidak benar-benar terjadi. Cerita rakyat seperti cerita Burung Kekekow umumnya tersedia dalam bentuk buku saja. Media “buku” mulai tergerus karena dianggap kuno dan tidak menarik bagi generasi sekarang yang sudah terlahir sebagai digital native. Istilah digital native itu sendiri artinya adalah generasi yang sejak lahir sudah dikelilingi dan diajarkan menggunakan gadget. Smartphone selain dapat di gunakan sebagai alat komunkasi seperti menelepon, mengirim pesan juga dapat di gunakan sebagai alat pembelajaran. Untuk menarik minat anak terhadap cerita rakyat, penulis membuat aplikasi di smartphone Android yang bisa menampilkan AR untuk buku cerita anak. Berdasarkan data pra penelitian tersebut penulis menggabungkan Augmented Reality dengan smartphone berbasis Android untuk membantu cerita anak menjadi 3 dimensi. pengembangan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle yang dilakukan berdasarkan enam tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Tahapan-tahapan dengan metodologi pengembangan multimedia tersebut tidak perlu berurutan. Keenam tahapannya dapat saling bertukar posisi namun tetap dimulai dari tahap concept dan diakhiri tahap distribution.

Keywords


Dongeng; Animasi; Augmented reality

Full Text:

PDF  HAL. 43-53

References


Habsari Zakia. 2017. Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi. Universitas Negeri Malang.

Diharti Sri, 2016. Burung Kekekow dan Gadis Miskin Cerita Dari Sulawesi Utara. Kementrian Pendidikan Kebudayaan.

Paton G, 01 12 2014 “Parents told: use iPads to get reluctant boys to read,”. [Online].Available:

https://www.telegraph.co.uk/education/educationnews/11263646/Parents-tolduse-iPads-to-get-reluctant-boys-toread.html.

Sugianto. 2018. Implementasi Augmentedreality Pada Brosur Rental Mobil Cv Asmoro Jati Menggunakan Metode Marker. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Moh Nazir, Ph.D. 1988. Metode Penelitian. Cetak Ulang 2018. Ghalia Indonesia. Jakarta Indonesia




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.165

Article Metrics

Abstract views: 229 | PDF views: 259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats