Pengembangan Media Pembelajaran Pelatihan Desain Grafis BLK Karanganyar Berbasis Android


https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.161
Ratna Herawati(1*) Mail, Budhi Sumboro(2) , Ainun Najib(3)

Affiliation


(1) Program Studi Teknik Komputer, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Pandemi Covid-19 mengakibatkan seluruh kegiatan pelatihan harus dialihkan secara daring. Untuk membantu proses pembelajaran dan pelatihan desain grafis pada BLK Karanganyar, dibuat aplikasi yang berisi materi, tugas serta dilengkapi dengan uji kompetensi dan sertifikat pelatihan sehingga meskipun proses pembelajaran secara daring, peserta pelatihan dapat terus memantau materi serta melakukan uji kompetensi secara online. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi media pembelajaran pelatihan desain grafis pada BLK Karanganyar. Perancangan sistem informasi media pembelajaran pelatihan ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Analisa kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES sedangkan alur data terdiri dari flowchart sistem, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Android Studio sedangkan pengolahan database menggunakan MySQL. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan blackbox testing, sistem yang dibangun dapat membantu masalah yang dihadapi pengelola BLK Karanganyar.

Keywords


Media pembelajaran; Pelatihan; Android

Full Text:

PDF  HAL. 1-8

References


Akbar, Husnaini Usman dan Purnomo Setiadi, 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Coupey, Ebise. 2011. Web Programing. Yogyakarta: Mediakom

Huda, Miftahul & Bunafit Komputer. 2016. Membuat Aplikasi Database dengan Java, MySQL dan Netbeans. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

https://blk.karanganyarkab.go.id/ [Diakses 18 Agustus 2021]

Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Indah, Syarifah Sella Parianti. 2018. Pembuatan Aplikasi Kuis TIKOM (Tekhnologi Informasi dan Komunikasi) Berbasis Android. Tugas Akhir: AMIK BSI Pontianak

KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset

Lestari, Puji. 2013. Aplikasi Pembelajaran dan Kuis Matematika Interaktif Berbasis Android. Jurnal: STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Mulyana, Deddy. 2018. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Berto Nadeak, Abbas Parulian, S. R. S. 2016. Perancangan Aplikasi. Pembelajaran Internet Dengan Menggunakan Metode Computer Based.

Instruction. Jurnal Riset: STMIK Budi Darma

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Pratama, Rachmad Achmad. 2016. Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Android. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauiddin Makasar.

Pressman. 2010. Metode Waterfal: Definisi, Tahapan, Kelebihan dan Kekurangan. Retrieved from http://www.pengetahuandanteknologi.com.

Rivai, Veithzal & Jauvani Sagala. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset

Safaat, Nazruddin. 2012. AndroidPemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android . Bandung : Informatika Bandung.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar, Bandung: Alfabeta

Sandi, 2014. Pengertian, Komponen dan Fungsi XAMPP Lengkap Dengan Penjelasannya. https://dosenpendidikan.com diakses pada 10 Januari 2022 Pukul 21:35




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.161

Article Metrics

Abstract views: 215 | PDF views: 211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats