Aplikasi Silsilah Marga Siahaan (Somba Debata) Berbasis Android


https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.147
Hartati Dyah W(1*) Mail, Isadora Nugroho(2) , Ricko Siahaan(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Informasi, STMIK AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Informasi, STMIK AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Tarombo adalah silsilah garis keturunan secara patrilineal dalam suku Batak yang sudah menjadi adat bagi masyarakat untuk mengetahui silsilah atau letak hubungan kekerabatan. Namun, adat ini mulai menghilang dari masyarakat suku Batak karena data keluarga yang sulit dicari, silsilah yang mulai meluas, dan proses pembuatan yang masih dilakukan secara manual dengan cara melakukan interview dengan ayah atau keluarga dejat tentang silsilah keluarag. Hal-hal tersebut menjadikan tarombo kehilangan daya tariknya dan menjadi latar belakang dari penelitian ini. Tujuan p..enelitian ini adalah membangun suatu sistem aplikasi berbasis Android yang akan menjadi media bagi para pengguna untuk dapat memiliki, membuat atau meneruskan silsilah keluarga serta memudahkan kita untuk mencari silsilah atau tarombo marga dan keluaraga. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode watefall yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa flowchart, Unified Modelling Language (UML), Class Diagram, Activity Diagram dan Squence diagram serta dalam perancangan basis data menggunakan PhpMyadmin. Untuk mengimplementasikan sistem informasi silsilah marga Sahaan ini, dibutuhkan komponen pendukung agar dapat bekerja dengan baik. Komponen tersebut diantaranya menggunakan bahasa pemrograman PHP, Android dan Java, untuk penyimpanan data menggunakan database MySQL. Perancangan sistem ini diharapakan bisa membantu dan mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi  dengan fungsi utama sebagai media untuk membutuhkan informasi mengenai silsilah marga batak, khususnya marga Siahaan serta memberikan kemudahan dan kecepatan serta ketepatan pada pencarian yang diinginkan.


Keywords


Aplikasi, Silsilah, Android, Tarombo, Suku batak

Full Text:

PDF  HAL. 85-96

References


Dayat Suryana. 2018. Android Studio: Belajar Android Studio. Bandung: Pustaka Kreatif

Don, Pengertian Android dan Fungsinya, Agustus 21, 2010. (accessed 19 Juni 2020).

Fanani, A.Z., Arry Maulana Syarif. (2016), Mudah Membuat Mobile Application dengan Flash Lite 3.0. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Febri Nugroho. 2016. Sistem Penjualan Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android Menggunakan Web Service. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Fowler, Martin. 2014. UML Distilled Panduan Singkat Bahasa pemodelan Objek Standar, Edisi 3. Yogyakarta: Andi Publishing.

HM, Jogiyanto. 2015. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyalarta: ANDI Yogyakarta.

Hutagaluung, WM. 1991. Pustaka Batak: Tarombo Dohot Turiturian ni Bangso Batak, Medan : Tulus Jaya

Imamul Huda. 2011, Pengembangan Aplikasi P3k Berbasis Smartphone Android. Skripsi. Program studi teknik informatika . Fakultas sains dan teknologi. Universitas islam negeri syarif hidayatullah. Jakarta

Ivan Alfatih Saputra. 2017. Aplikasi Layanan Bengkel Mobil Berbasis Android Di Kota Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Ilmu Komputer. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas lampung.

Jogiyanto. 2009. Analisis & Deasin Sistem Informasi.:Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.

Kanedi, I., dkk. 2013. Media Sarana Promosi Makanan Khas Bengkulu Berbasis Website Menggunakan Script PHP. Jurnal Media Infotama. Vol.9, No.2. 206225. ISSN : 1858-2680.

Malau, Gens. ( 2015 ). Budaya Batak. Jakarta Nusantara Tao Toba Nusa Budaya. Yayasan Bina Budaya

Mapondang, D. R. (1992). Dalihan Natolu Niai Budaya Suku Batak. Medan: Armada

Marihot (2014). Sejarah Marga Tampubolon dan Penyebarannya Menurut Masyarakat Desa Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara. UNIMED.

Nidhra, Srinivas, & Dondeti, Jagruthi. 2012. Black Box and White Box Testing Techniques- A Literature Review. International Journal of Embedded Sistems and Applications (IJESA), 2(2), 1-2

Ragil, Wukil. 2017. Analisis menggunakan Metode Pieces. Jakarta: Metadata.

Safaat H, Nazarudin. 2017. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Sianturi (2014). Sejarah Marga Tampubolon dan Penyebarannya Menurut Masyarakat Desa sipahutar abupaten Tapanuli Utara. Medan: Universitas Negri Medan

Sinaga, Richard. (2008). Silsila Marga-marga Batak. Jakarta : Dian Utama

Surbakti (2015).Pembuatan Aplikasi Silsilah Keluarga Marga pada Etnis Batak Karo.skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Tuan (2014). Pengenbangan silsilah (tarombo) Adat Batak Berbasis Web Menggunakan r4 Framework. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Vergouwen, J. C. ( 2016 ). Masyarakat dan Hukum Adat Batak Toba. Jakarta : Pustaka Azet.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.147

Article Metrics

Abstract views: 793 | PDF views: 3780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats