Pengatur Lampu Aquarium dan Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet of Things


https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.143
Ratna Herawati(1*) Mail, Aryo Wicak Arkantoro(2) , Adi Kriscahyanto(3) , Endras Nur Rosyid(4)

Affiliation


(1) Program Studi Teknik Komputer, STMIK AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(3) Program Studi Teknik Komputer, STMIK AUB Surakarta
(4) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Salah satu hobi yang banyak diminati masyarakat dan juga bisa menghasilkan uang adalah memelihara ikan. Ikan yang umum dipelihara ada dua jenis yaitu ikan hias predator dan juga ikan hias. Dengan harga jual yang berbeda dengan ikan konsumsi, dimana ikan hias memiliki kualitas yang berbeda-beda walaupun memiliki jenis dan ukuran yang sama. Bagi penghobi ikan Palmas senegalus albino semakin unik ikan palmas senegalus albino yang dimiliki maka semakin besar rasa bangga yang dimiliki. Bagi kebanyakan penghobi ikan palmas senegalus albino, memelihara ikan tidak melulu tentang uang tetapi tentang kepuasan saat melihat ikan palmas senegalus albino tumbuh dan berkembang dengan baik dengan memperhatikan kondisi aquarium dan juga konsumsi ikan palmas senegalus albino secara teratur sesuai dengan kebutuhan ikan palmas senegalus albino. Tujuan dari penelitian ini untuk memudahkan pemberian pakan serta mematikan lampu aquarium sehingga meminimalisir kemungkinan ikan setres dan tanaman di aquarium mati. Penambahan antar muka di smartphone memudahkan para penghobi ikan untuk memberikan pakan pada ikan dan memonitoring lampu aquarium apakah menyala atau mati pada aplikasi Blynk pada smartphone penghobi ikan. Metode yang digunakan adalah dengan metode Waterfall dan metode perancangan dimana artinya adalah menggabungkan, penulis menganalisa kebutuhan dan melalui melalui metode Waterfall tersebut penulis merancang tahapan-tahapan yang akan dilakukan. Dengan menggunakan Arduino IDE sebagai lingkungan pengembangan program serta menggunakkan bahasa pemrograman C. Hasil penelitian yang dicapai adalah ikan Palmas senegalus albino mendapatkan porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan serta tanaman yang berada di aquarium mendapatkan cahaya yang cukup sehingga tidak mati dan menjadi racun dan juga lumut tidak berkembang dengan cepat. Kesimpulannya adalah alat ini memberikan porsi pakan ikan palmas senegalus albino yang sesuai kebutuhan serta cahaya lampu 8 jam agar tanaman pada aquarium hidup dan berkembang dengan baik dan lumut tidak cepat menyebar.

Keywords


Ikan palmas senegalus albino, Lampu, Aquarium

Full Text:

PDF  HAL. 43-49

References


Andrianto, H. 2008. Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmega8535. Bandung: Informatika.

Darmawan, Ibnu D. 2015. Aquascape Monitoring Information System(AMIS).

Dermawan. 2016. Arduino Belajar Cepat Pemrograman. Bandung: Penerbit Informatika.

Dharmawan, B. 2010. Usaha Pembuatan Pakan Ikan Konsumsi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Junaidi, A. 2015. Internet of Things, sejarah, Teknologi, dan Penerapannya. Jurnal Ilimiah Teknologi Informasi terapan.

Kusdarwati, Rahayu. 2016. Isolasi dan Identifikasi Fungsi pada Ikan Maskoki.

Oktafiansyah, Ahmad. 2015. Analisa Kesesuaian Air di Sungai Landak.1-72

Pressman, R. S. 2001. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta : Andi.

Ruswiansari. 2018. Kontrol Jarak Jauh Sistem Irigasi sawah Berbasis Internet of Things. Semarang.

Sakti Elang. 2013. Pengertian Fungsi Prinsip dan Cara Kerja Relay. (online) (http://www. elangsakti.com/2013/03/pengertian-fungsi-prinsip-dan-cara.html)

Utomo, P. 2008. Teknik Telekomunikasi Jilid 3 Untuk SMK. Jakarta : Direktorat PSMK.

Whitten, J. 2004. System Analysis Design Methods : International Edition (6th Edition). New York: McGraw-Hill.

Yushardi. 2015. Pengaruh Jenis dan Bentuk Lampu terhadap Intensitas Pencahayaan dan Energi Buangan Melalui Perhitungan Nilai Efikasi Luminus. Pengaruh Jenis Lampu dan Bentuk Lampu, 1.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v27i1.143

Article Metrics

Abstract views: 784 | PDF views: 574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats