Sistem Informasi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Jajaran di Polresta Surakarta


https://doi.org/10.36309/goi.v26i2.129
Erni Widarti(1*) Mail, Agung Koes Indarto(2) , Aditya Primahardika(3)

Affiliation


(1) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Komputer, STMIK AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi, STMIK AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Salah satu fungsi yang ada di Polresta Surakarta maupun Polsek jajarannya adalah Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) yang bertugas memberi pelayanan berupa penerimaan laporan. Penerimaan laporan dan pengolahan data di SPKT Jajaran Polsek di Polresta Surakarta dan Polsek jajarannya masih dilakukan secara manual seperti pembuatan laporan menggunakan Microsoft Office Word dalam pembuatan laporan sehingga melakukan penumpukan file dan pengetikan yang berulang-ulang, dan dalam memberi nomor register maupun melakukan perekapan masih menggunakan cara manual. Dengan melakukan penelitian di SPKT di Polresta Surakarta dan Polsek jajarannya penulis berfikir untuk membuat Sistem Informasi. Dalam penelitian ini, Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall model dengan langkah analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, penulisan kode program, pengujian dengan metode blackbox, implementasi dan pemeliharaan. Sistem yang dibangun menggunakan Microsoft Visual Basic.net 2013 sebagai tool pengembangan perangkat lunak (development tool), bahasa pemrograman Visual Basic dan MySQL sebagai DBMS nya yang dibuat online atau cloud database. Sistem Informasi Sentra Pelayanan Kepolisian di Polresta Surakarta dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah petugas dalam menerima setiap laporan yang masuk dari masyarakat. Menyediakan interface yang dapat mempermudah petugas dalam melakukan pencarian data atau laporan.

Keywords


Sistem Informasi, SPKT, Polresta Surakarta, Polsek, Database Digital, MySQL, Visual Basic .Net

Full Text:

PDF  HAL. 119-132

References


Adelia, Setiawan J. 2011. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasisi Website dan Desktop. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Dwiyanto, Agus. 2006. Reformasi Birokrasi Publik. Yogyakarta Gadjah Mada University Press.

Gottschalk, Louis. 1986. Mengerti Sejarah, Nugroho Notosusanto, Jakarta:UI Press .

Huo, M., Verner, J., Zhu, L., Babar, M.A. 2004 “Software Quality and Agile Methods”, Proceedings of the 28th Annual International COMPSAC.

Khalaf, S.J., Al-Jedaiah, M.N. 2008 “Software Quality and Assurance in Waterfall model and XP – A Comparative Study”,

Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP)

Peraturan Kepala Kepolisian RI No. 12 Tahun 2009 tentang Pengawasan Dan Pengendalian Penanganan Perkara Pidana Di Lingkungan POLRI

Petersen, K., Wohlin, C., Baca, D. 2009 “The Waterfall Model in Large-Scale Development”, Proceedings of 10th International Conference, PROFES.

Pressman, R.S.2010 Software Engineering: a Practioner’s Approach 7th Edition, McGraw-Hill Higher Education.

Ragil, Wukil. 2010. Pedoman Sosialisai Prosedur Operasi Standar. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Raharjo, Budi.2011. “Membuat Database Menggunakan MySql”. Bandung : Informatika.

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2009 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung.

Supardi, M.d, 2006. Metodologi Penelitian. Mataram : Yayasan Cerdas Press.

Sutopo, HB. 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press.

Undang Undang No. 02 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Undang Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Usman dan Akbar. 2000. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v26i2.129

Article Metrics

Abstract views: 830 | PDF views: 1086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats