PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Dian Nur Mastuti

Abstract


Kualitas  biasanya  dilihat  sebagai  salah  satu  pemikiran  penting  dalam  era  globalisasi.

Kompetisi yang lebih kompleks  membutuhkan lembaga tabungan atau jasa untuk memuaskan konsumen  dengan  memberikan  pelayanan  terbaik.  Latar  belakang  penelitian  ini  adalah  untuk

mengetahui  pemikiran  mhasiswa  tentang  kualitas  layanan  yang  diberikan  oleh  STIE  "AUB"

Surakarta. Menurut latar belakang di atas maka penulis merumuskan masalah, yaitu Apa faktor kualitas layanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) yang berhubungan dengan kepuasan mahasiswa? Variabel apa yang dominan yang berhubungan dengan kepuasan mahasiswa? Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi  logistik.  Hasil  uji  regresi  logistik  menunjukkan  variabel  yang  nyata,  yang  berdampak negatif tetapi tidak signifikan bahwa probabilitas siswa memenuhi atau tidak. Variabel Reliability bernilai positif dan signifikan dengan kepuasan mahasiswa dengan titik signifikansi 0,010. Variabel Responsiveness bernilai positif dan signifikan dengan probabilitas mahasiswa di level 0,075. Untuk variabel  assurance,  mengaitkan  dengan  positif  tetapi  tidak  signifikan  tentang  probabilitas konsumen bahwa mereka puas atau tidak dengan signifikansi di titik 0,018. Dari pengujian, dapat diketahui   bahwa   variabel   responsiveness   adalah   variabel   yang   paling   dominan   yang mengasosiasikan tentang kepuasan mahasiswa.

 Keyword: nyata, keandalan, responsiveness, jeminan, empati


Full Text:

Ha- 40-48


DOI: http://dx.doi.org/10.36309/goi.v19i2.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats