Pengembangan Game Multiplayer Wibu Quest Dengan Menggunakan RPG Maker Mz


https://doi.org/10.36309/goi.v29i1.204
Widyo Ari Utomo(1*) Mail, Ernes Cahyo Nugroho(2) , Narendra Nur Asmara(3)

Affiliation


(1) Program Studi Informatika, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Sistem Komputer, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Sistem Komputer, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Jurnal ini membahas tentang pengembangan game "Wibu Quest MultiPlayer" dengan menggunakan RPG Maker MZ, yang menerapakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Pendekatan GDLC memandu tahapan pengembangan game dari konseptualisasi hingga rilis.  GDLC melibatkan serangkaian tahapan, yaitu perencanaan, perancangan, pengembangan, pengujian, dan peluncuran. Dalam konteks "Wibu Quest MultiPlayer," tim pengembang merancang cerita, karakter dalam dunia permainan. RPG Maker MZ menjadi alat utama dalam pengembangan, memfasilitasi pembuatan dunia permainan dengan alur cerita yang mendalam. Artikel ini menyoroti bagaimana alat ini mendukung tahapan GDLC, mulai dari pembuatan peta, karakter, scripting dan integrasi elemen permainan. Selama pengujian, artikel ini membahas pentingnya mengidentifikasi bug dan masalah lainnya untuk memastikan kualitas permainan sebelum peluncuran. Kemudian, game "Wibu Quest MultiPlayer" siap untuk peluncuran, memberikan pengalaman Multipemain. Hasil akhir dari pengembangan adalah menciptakan game "Wibu Quest MultiPlayer" yang memberikan pengalaman bermain menarik dengan menggunakan pendekatan GDLC dan alat RPG Maker MZ.


Keywords


RPG Maker; GDLC; MultiPlayer

Full Text:

PDF  HAL. 61-74

References


Wahyu, S. SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Penerapan Metode Game Development Life Cycle Pada Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Budi Pekerti. SKANIKA: Sistem Komputer Dan Teknik Informatika, V, 82–92,2022.

Fitri Rizani, R. R. Game Edukasi Pengenalan Nama-Nama Sayuran Menggunakan Metode Development Life Cycle. Jurnal Tika, xx(1), 85–91, 2022

Chaniago, A. J., & Yanti, F. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science Penerapan Metode Finite State Machine Dalam Game “Stories of Cursed Dungeon” Menggunakan RPG MAKER MV. 1(09), 1557–1562, 2022 , https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

N. Krisdiawan, R. A. Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle. Nuansa Informatika, 12(2), 1–9, 2018.

Fitri Rizani, R. R. Game Edukasi Pengenalan Nama-Nama Sayuran Menggunakan Metode Development Life Cycle. Jurnal Tika, xx(1), 85–91, 2022.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v29i1.204

Article Metrics

Abstract views: 41 | PDF views: 24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats