Pengembangan Alat Pewarna Batik Semi Otomatis untuk Peningkatan Efektifitas dan Efisiensi


https://doi.org/10.36309/goi.v28i2.186
Kunto Hamijoyo(1*) Mail, Agus Nugroho(2) , Yoiceta Vanda(3)

Affiliation


(1) Program Studi Teknik Mesin, Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Program Studi Teknik Mesin, Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Program Studi Teknik Elektronika, Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

How to Cite

Cite this Item


Abstract


Batik Indonesia ditambahkan sebagai  warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO tahun 2009, dan telah diakui secara international sebagai jalinan sejarah peradaban manusia. Proses pembuatan batik melalui beberapa tahapan, yaitu persiapan, pembatikan, pewarnaan, pelepasan lilin batik, dan penyempurnaan. Pada tahap pewarnaan, biasa digunakan alat pewarnaan manual. Untuk satu kali pewarnaan diperlukan waktu yang cukup lama, tergantung dari berapa warna yang digunakan. Sehingga diperlukan alat pewarnaan batik yang dapat mempercepat waktu pewarnaan, agar produktifitas meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan rancang bangun alat pewarnaan batik (peder) yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pewarnaan batik Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Borg and Gall. Hasil dari penelitian ini adalah alat pewarnaan batik yang menggunakan teknik roll ganda, dengan peningkatan kecepatan pewarnaan menggunakan penggerak motor 1 Hp.

Keywords


batik; pengembangan; alat pewarna batik

Full Text:

PDF  HAL. 207-211

References


H. Nugroho, “Pengertian Motif Batik dan Filososfinya,” Kementerian Perindustrian. p. 1, 2020.

Tribun Kaltim, “Batik Day.” pp. 1–5, 2019.

F. U. Larasati, N. Aini, A. Hery, S. Irianti, K. Malang, and K. Ngantang, “Proses Pembuatan Batik Tulis Remekan Di Kecamatan Ngantang,” Pros. Pendidik. Tata Boga Busana, p. 8, 2021.

A. Rahmawati and R. A. Pratiwinindya, “Teknik, Visualisasi, Dan Esensi Motif Kembang Suweg Pada Batik Tulis Shuniyya,” Imajin. J. Seni, vol. XIII, no. 1, 2020.

K. Hamijoyo, “Alat Pewarna Batik Rol Ganda (Peder),” Sukowati, vol. 2, pp. 113–121, 2019.

D. K. Maharani, D. Savitri, and L. Rohmawati, “Peningkatan Efisiensi Proses Pewarnaan Melalui Pemberian Agen Fiksasi Ramah Lingkungan Pada Kelompok Batik Tulis Pasuruan,” J. ABDI, vol. 2, no. 2, p. 30, 2017.

M. I. Assyauqi, “Model Pengembangan Borg and Gall,” Researchgate, no. December, 2020.

L. R. Devi S and S. Susantiningrum, “Pengembangan Usaha Batik Melalui Mesin Pewarnaan Batik Di Desa Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen,” J. Kewirausahaan dan Bisnis, vol. 20, no. 11, pp. 21–25, 2017.

B. L. Sanjoto, I. Syafril, S. Murwanti, A. Subyakto, and ..., “Penerapan Mesin Pewarnaan Kain Batik Tulis Pada Industri Kecil ‘Peri Kecil’ Batik Bangkalan Madura,” Pros. SENIATI, pp. 61–65, 2016.

Y. Suprapto, “Efisiensi Waterglass Menggunakan Roll Saving Pada Pewarnaan Batik Tulis Di Kelompok Pengrajin Batik Kecamatan Salem Kabupaten Brebes,” J. Praksis dan Dedik. Sos., vol. 2, no. 2, p. 90, 2019.

F. R. D. Pratama, R. A. Anugraha, and T. Sjafrizal, “Pengembangan Detail Desain Alat Pencelupan di Workstation Pewarnaan di Rumah Batik Komar,” e-Proceeding Eng., vol. 2, no. 2, pp. 4495–4501, 2015.




DOI: https://doi.org/10.36309/goi.v28i2.186

Article Metrics

Abstract views: 93 | PDF views: 89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional
DOI: 10.36309 Visitor Number:  View Go Infotech stats